MONUMEN PALAGAN SAMBI

Monumen palagan sambi adalah sebuah monumen bersejarah yang berdiri kokoh di Pangkalan Bun, Kabupaten kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Monumen ini tepat berdampingan dengan Taman Kota di Bundaran Pancasila yang dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Monumen ini sangat menarik perhatian warga lokal maupun mancanegara karena berbentuk pesawat terbang dengan jenis C4 Dakota RI 002 yang memiliki makna tentang penerjunan pertama pasukan prajurit Angkatan Udara Republik Indonesia di tanah Borneo. Pasukan ini dinamakan MN 1001, kisah ini terjadi tepatnya pada tanggal 17 Oktober 1947 dan diresmikan oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Rilo Pambudi pada 17 Oktober 1995.

(Baca Juga : Bupati Kobar Serahkan SK Pengangkatan Kepada 213 CPNS Kobar)

Tak hanya itu, peristiwa penerjunan pertama di Sambi ini menjadi cikal bakal hari lahirnya pasukan elit TNI AU Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), yang sebelumnya sempat bernama Kopaskhas Sementara pesawat RI-002 yang digunakan oleh pasukan penerjun, kini berada di tengah kota Pangkalan Bun. (Dok. Chrstn/mcel/wwn/fbri/tyo).