ISTANA KUNING

Istana Kuning menjadi tempat bersejarah yang terkenal di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Berbeda dari namanya, bangunan Istana Kuning ini justru tidak berwarna Kuning namun berwarna Coklat kecuali depan gerbang yang berwarna Kuning. Istana Indrasari Bukit Indra Kencana biasa disebut dengan Istana Kuning, yang didirikan pada tahun 1860 oleh Pangeran Ratu Immanudin dari Kerajaan Kutaringin. Istana ini berada pada jantung Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Di Istana ini banyak wisatawan yang berkunjung dari berbagai negara yang penasaran dengan isi Istana Kuning tersebut. Bangunan ini serupa rumah panggung yang megah dengan warna kayu kecoklatan yang dibiarkan alami tanpa dicat. 

(Baca Juga : Bupati Kobar Menerima Penghargaan dari Masyarakat Dayak Lintas Daerah Aliran Sungai Kalimantan Tengah)

Istana ini memiliki kurang lebih 2.000 meter persegi, ada 2 bangunan khas Melayu, Balai Pahadera terlihat lebih menyerupai aula. Sementara, Keraton dalam kuning dulunya adalah tempat tinggal raja. Di tengah-tengah, terdapat kain bercorak kuning hijau yang dipasang di tembok dan terdapat kereta kencan terparkir di dalamnya.

Terdapat empat pucuk meriam kuno buatan tahun1840 berada di sisi barat atau halaman depan bangunan komplek Isatana Kuning yang merupakan warisan Kesultanan Kutaringin.Tiang-tiang dalam istana kuning penuh dengan ukiran. Salah satu motif yang cukup menarik adalah daun bunga teratai dan pakis di guci atau belanga. (Dok. Chrstn/mcel/wwn/fbri/tyo).