Mako Damkar Terima Kunjungan Edukatif Siswa-Siswi Pramuka SMPN 1 Arut Selatan

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan, Zulhadi, S.Pd Saat Menerima Kunjungan Edukatif Ekstrakulikuler Pramuka SMPN 1 Arut Selatan. (27/1) Foto by Damkar Kobar

MMC Kobar - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kotawaringin Barat (Kobar) menerima kunjungan edukatif siswa-siswi SMPN 1 Arut Selatan. Kunjungan edukatif ini merupakan bagian dari program kerja ekstrakulikuler pramuka SMPN 1 Arut Selatan.

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kobar melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Zulhadi menerima langsung kunjungan siswa-siswi tersebut ke Mako Damkar, Sabtu (27/1).

(Baca Juga : Sebanyak 102 Pejabat Lingkup Pemkab Kobar Dilantik dan Diambil Sumpah/Janjinya)

Dalam kesempatan tersebut Zulhadi menyampaikan sedikit pesan kepada seluruh siswa-siswi serta para guru pendamping agar betul-betul dalam mengikuti atau mendengarkan materi yang akan disampaikan oleh personil Damkar selaku narasumber. “Sebab nanti setelah penyampaian materi akan kita praktikan,” ungkap Zulhadi.

Komandan Regu (Danru) I Syahrani Selaku Narasumber mendampingi siswa-siswi dan guru pendamping praktik pemadaman gunakan APAR.

Zulhadi juga berharap, setelah kegiatan ini selesai seluruh siswa-siswi serta guru pendamping mendapatkan pengetahuan serta wawasan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. terutama apabila terjadi atau mengetahui adanya kebakaran disekitar kita, sudah mengerti apa yang harus dilakukan.

Syahrani selaku narasumber menyampaikan materi teori segitiga api, memperkenalkan apa saja tugas dan fungsi pemadam kebakaran serta memperkenalkan sarana dan prasarana pemadam kebakaran sesuai kegunaannya pada saat melaksanakan pemadaman kebakaran atau tugas penyelamatan lainnya.

Narasumber juga memperkenalan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran serta saranaprasarana pemadam kebakaran. Siswa-siswi dan guru pendamping mempraktekan langsung bagaimana cara memadamkan api dengan menggunakan kain atau benda basah atau biasa disebut pemadaman tradisional dan juga dengan cara modern menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Di akhir penjelasannya, Syahrani mengajak bagi sekolah mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi, maupun pihak Perusahaan yang ingin berkunjung atau pelatihan penanggulangan kebakaran bisa langsung mengajukan permohonan secara resmi kepada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kobar. (rz/damkarkobar)

Di akhir kegiatan ditutup dengan foto bersama.