Kunjungan BPBPK Provinsi Kalteng, BPBD Kobar Koordinasikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBPK Riviko (kanan) beserta rombongan saat berkunjung ke BPBD Rabu (23/3) kemarin

MMC Kobar - Untuk meningkatkan sinergi dalam penanggulangan kebencanaan di daerah khususnya di Kotawaringin Barat, Rabu (23/3) Badan Penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kobar menerima kunjungan dari Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBPK Riviko beserta rombongan disambut Kepala Pelaksana BPBD Syahruni didampingi Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nasir. Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi dan sosialisasi rehabilitasi dan rekonstruksi penanganan pascabencana di daerah.

(Baca Juga : Dinas P3AP2KB Kobar Selenggarakan Diskusi Panel dan Manajemen Audit Kasus Stunting)

"Kami mengkordinasikan dan memonitoring kegiatan rehabilitasi lokasi yang terdampak bencana, seperti fasilitas publik dan akses jalan, serta dampak lainnya akibat bencana banjir, abrasi pantai, dan karhutla," ujar Nasir.

Untuk penanganan pasca bencana dalam tiga bulan terakhir, Nasir mengungkapkan bahwa untuk dampak masih dapat ditanggulangi dengan baik. "Tentunya dengan menjalankan fungsi dengan baik, pemulihan pada lokasi maupun warga yang terdampak bisa terlaksana dengan baik pula. Itu Fokus utamanya," pungkasnya.

Kedepannya, lanjut Nasir, koordinasi dengan BPBPK akan semakin ditingkatkan. "Tidak hanya di instansi kebencanaan saja, tapi juga sinergi dengan seluruh pihak terkait di wilayah Kotawaringin Barat," tandas Nasir. (bpbd kobar)