Kobar Ikuti Event Gabungan APN 2024 dan AOE 2024

Pembukaan Rakernas XVI APKASI, APN, dan AOE 2024 oleh Presiden Jokowi

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti kegiatan APKASI Procurement Network Tahun 2024 (APN 2024) dan APKASI Otonomi Expo (AOE 2024) pada 10-12 Juli 2024 di Hall A dan B Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta. 

Kegiatan dirangkai dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo. Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Kobar dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kobar beserta jajaran.

(Baca Juga : Rakor Disdukcapil se-Kalimantan bersama Dirjen Dukcapil Melalui Vicon)

Tahun ini Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) kembali menggelar AOE 2024 : TradeTourismand Investment dengan tema “Meningkatkan Daya Saing Daerah Menuju Indonesia Emas 2045”. 

AOE diselenggarakan sebagai salah satu implementasi dari tugas pokok dan fungsi APKASI dalam memfasilitasi 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia untuk mempromosikan berbagai komoditas dan peluang investasi agar bisa masuk ke pasar nasional maupun global.

Sambutan Presiden Jokowi pada pembukaan Rakernas XVI APKASI, APN, dan AOE 2024

Di waktu dan tempat yang sama digelar pula APN yang merupakan ajang pertemuan bagi pemerintah daerah untuk menjalin jejaring bisnis dengan para buyer dan investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan Presiden yang hadir pada perhelatan APKASI kali ini. Atas nama para rekan bupati, Bupati Dharmasraya ini menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Presiden Jokowi yang selalu memotivasi para kepala daerah untuk senantiasa berinovasi memajukan daerah dengan mengusung keunggulan daerah.

“Terlebih program pembangunan infrastruktur yang hampir merata di segala sektor dan merata di Daerah-Daerah juga telah membantu konektivitas antardaerah,” tambahnya.

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa persaingan antarnegara saat ini semakin ketat sehingga Indonesia harus dapat bersaing juga melalui inovasi-inovasi di Daerah.

“Saya hanya ingin titip bahwa potensi-potensi yang ada di daerah itu harus dikembangkan, baik dari sisi finance, dari sisi pangan, dari sisi energi, dari sisi industrinya, dari sisi teknologinya, Daerah-Daerah yang pemandangannya bagus, dari sisi turismenya. Semuanya harus dikembangkan,” tegas Jokowi. 

Turut hadir dalam acara pembukaan event tersebut para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Mendagri, Menkeu, Menteri Koperasi dan UKM, Ketua Umum APKASI beserta jajaran, dan para bupati seluruh Indonesia. (tyas/dpmptspkobar)

Pj Bupati Kobar dan Kepala DPMPTSP Kobar menghadiri pembukaan Rakernas XVI APKASI, APN, dan AOE 2024