Kecamatan Pangkalan Banteng Siapkan Rencana Penyerahan Hewan Kurban untuk Desa

Kasi Pembangunan Kesra Kecamatan Pangkalan Banteng, Wulansari saat rapat pembahasan persiapan pelaksanaan pembagian hewna kurban untuk hari raya Idul Adha di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng, Rabu (5/6/2024)

MMC Kobar - Pemerintah Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah mulai mempersiapkan diri guna pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024.

Persiapan itu dimulai dengan rapat dengan mengundang sejumlah stakeholder di lingkup Kecamatan Pangkalan Banteng diantaranya, KUA, Polsek dan Koramil Pangkalan Banteng, Serikat Peternak Rakyat dan juga perwakilan pemerintah desa.

(Baca Juga : Kabupaten Kobar Selesaikan Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2023)

Untuk tahun ini, rencananya Pemkab Kobar akan membagikan satu ekor sapi untuk setiap desa di Kecamatan Pangkalan Banteng.

Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra), Kecamatan Pangkalan Banteng, Wulansari mengatakan untuk Kecamatan Pangkalan Banteng mendapat 17 sapi kurban yang akan dibagikan ke desa.

“Rencananya penyerahan hewan kurban dari kecamatan ke pemerintah desa akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2024 mendatang. “Sehingga satu desa mendapat stau ekor sapi kurban dari Pemkab Kobar,” kata Wulansari, Rabu (5/6).

Namun untuk dua desa persiapan yakni Mulya Raya dan Sumber Sari rencananya akan mendapat bantuan hewan kurban dari perusahaan.

“Kemudian dalam rapat tadi juga telah disepakati bahwa mulai hari ini (5 Juni 2024) sampai nanti tanggal 9 Juni 2024 pihak BPP Pangkalan Banteng dan pihak Serikat Peternak Rakyat akan melakukan pendataan dan pemeriksaan untuk hewan ternak yang dijual untuk kurban dari segi kesehatan, umur dan persyaratan sah atau tidaknya untuk menjadi hewan kurban,” terang Wulan. (jay/shm)