Kader Tribina Untuk Meningkatkan Kualitas Keluarga

MMC Kobar - Dinas pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalain Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ingin mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga melalui kader Tribina, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL) melalui kegiatan pelatihan tenaga pendamping kelompok Bina Keluarga yang digelar di Desa Pandu Sanjaya Kecamatan Pangkalan Lada, Kamis (26/6) lalu yang dihadiri 50 orang peserta dari Kader Tibina (BKB, BKR, BKL).

Dalam sambutannya Kepala DP3AP2KB Kobar Zainah secara garis besar menyatakan bahwa keluarga memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan keluarga kecil dan berkualitas, untuk itu ketahanan keluarga melalui Bina Keluarga (BKB, BKR, BKL) dalam pengelolaan dan aktifitasnya perlu dimaksimalkan oleh para kader Tribina.

(Baca Juga : Penyampaian Hasil Rapat Gabungan Komisi DPRD bersama Pemda terhadap Dua Ranperda)

Zainah yang juga selaku narasumber mengatakan, “Keluarga adalah merupakan unit terkecil dari penduduk, yang terdiri dari Bapak-Ibu, Bapak-Ibu-Anak, Bapak-Anak, dan Ibu-Anak, serta ketahanan keluarga merupakan modal dasar kemajuan dan keutuhan suatu bangsa dan negara”. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang Bina Keluarga Balita, yang merupakan wadah membina tumbuh kembang balita dan anak, yang pada akhirnya akan menghasilkan generasi emas untuk kemajuan bangsa dan negara. Bina Keluarga Remaja yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dan keterampilan orangtua dan anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang anak dan remaja, baik fisik maupun intelektual, kesehatan reproduksi, mental, emosional, sosial dan moral spiritual secara seimbang melalui komunikasi efektif antara orangtua atau keluarga dengan remaja, dan Bina Keluarga Lanjut Usia, guna meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga, dalam mewujudkan lansia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, produktif dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. (ROE/DP3AP2KB)