ILAT SAPI

Apakah kalian pernah mendengar jajanan ilat Sapi? Ya, sekilas nama ilat sapi ini mirip dengan lidah sapi, karena memang bentuk dan warna jajanan ini mirip sekali dengan lidah sapi. Jajanan ilat sapi ini merupakan makanan tradisional yang ada di kota Pangkalan bun, Kalimantan tengah. Jajanan yang berbahan dasar tepung ini memiliki rasa yang manis, lembut dan empuk.

Kue ilat sapi biasanya mempunyai 2 (dua) warna, ada yang berwarna putih dan ada juga yang berwarna kecoklatan tergantung penggunaan pada gula apa yang dipakai saat pembuatan kue ilat sapi.

(Baca Juga : Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Gelar Lomba Mewarnai Lomba Menggambar)

Jajanan Ilat Sapi ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh warga lokal maupun wisatawan mancanegarapun ketika berkunjung ke Kota Manis Pangkalan bun. Anda bisa membeli jajanan ini di warung-warung kecil atau di toko oleh-oleh khas Pangkalan bun. Harga jajanan ilat sapi ini relatif murah, mulai dari Rp. 15 ribu hingga Rp 20 ribu perbungkusnya.

Para pecinta kuliner terutama cemilan dengan rasa manis, ilat sapi ini sangat cocok disajikan sebagai cemilan di keluarga. Lebih enak lagi jika dinikmati bersama teh atau kopi pada waktu pagi/sore hari sembari duduk santai bersama keluarga, saudara bahkan teman-teman. (Dok.Aly/yov/sisk/brnd/ahyr/nzr)