Genjot Populasi Kambing, DPKH Kobar Aplikasikan Inseminasi Buatan pada Kambing

Petugas dari Dinas PKH Kobar tengah melakukan Inseminasi Buatan pada kambing.

MMC Kobar - Animo peternak di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk berusaha budidaya ternak kambing mulai menunjuk geliat yang menggembirakan. Tingginya permintaan ternak kambing kurban menjelang perayaan hari besar umat muslim Idul Adha 1442 H dipenuhi oleh pedagang ternak dengan mendatangkan ternak dari luar Kobar karena ketersediaan kambing yang masih minim. Karena itu potensi ternak kambing baik sebagai kambing potong dan bibit masih sangat terbuka luas.

Dalam rangka menstimulasi peternak untuk budidaya ternak yang baik dan berkualitas, Tim Reproduksi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) pada Selasa (29/6) meluncurkan kegiatan Pelayanan Aplikasi Inseminasi Buatan (IB) pada Kambing.

(Baca Juga : Hujan Deras, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kobar Tetap Dilaksanakan)

Sebagaimana IB pada ternak besar menurut petugas repro senior Dinas PK, Kamto Widodo, inseminasi pada kambing juga akan menghasilkan ternak kambing unggul dan terjamin secara genetik secara murah dan terjangkau.

“Dukungan dari peternak diperlukan untuk melaporkan ternak kambingnya birahi yang memenuhi persyaratan untuk di inseminasi buatan. Untuk tenaga teknis inseminator, petugas dinas sudah mencukupi dan sangat mumpuni,” ujar Kamto.

“Sedangkan jenis straw kambing yang bisa dikembangkan antara lain Etawa dan Boor serta jenis unggul lainnya,” imbuhnya.

Plt Kepala Dinas PKH, Bambang Djatmiko Trikora mengatakan bahwa kegiatan Inseminasi Buatan pada Kambing untuk tahun 2021 dilaksanakan sebagai introduksi teknologi reproduksi pada kambing dan memenuhi permintaan masyarakat peternak terhadap bibit ternak kambing unggul. (dpkh kobar)