Dispursip Selenggarakan Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Kobar Tahun 2024

Sesi Foto Bersama Acara Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2024

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan lomba musikalisasi puisi SMA/SMK/MA Tahun 2024 pada Kamis (19/9). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Harmoni Dispursip Kobar. Musikalisasi puisi merupakan penggabungan seni musik dan membaca puisi.

Lomba musikalisasi puisi tingkat SMA/SMK/MA Tahun 2024 diikuti oleh 7 sekolah di Kabupaten Kobar yaitu SMAN 1 Pangkalan Bun, SMAN 2 Pangkalan Bun, SMAN 3 Pangkalan Bun, SMAN 1 Kumai, SMAN 2 Kumai, SMKN 3 Pangkalan Bun dan SMKS Bhakti Indonesia Medika Pangkalan Bun.

(Baca Juga : BNPB : Ada 7 Prioritas Penanganan Dampak Gempa Sulawesi)

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kadispursip Kobar, M.Rosihan Pribadi. Dalam sambutannya Rosihan menyampaikan bahwa dengan adanya acara lomba musikalisasi puisi dapat memacu diri kita untuk terus berkembang dan menunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki. 

Sambutan Kadispursip Kobar dalam Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2024

"Jangan ragu untuk menampilkan kemampuan terbaik yang dimiliki. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda, namun yang terpenting adalah bagaimana kita mengembangkan potensi tersebut," pesan Rosihan.

Lomba Musikalisasi Puisi yang diselenggarakan oleh Dispursip Kobar mengusung tema "Literasi" dimana jenis musikalisasi puisi yang ditampilkan adalah musikalisasi campuran. Adapun para peserta berisi anggota 5-7 orang yang menampilkan hasil karya sendiri dalam waktu 10 menit. Ada beberapa kriteria dalam penilaian musikalisasi puisi yaitu penafsiran puisi, komposisi dan aransemen, harmonisasi/keselarasan, vokal dan penampilan. 

Berdasarkan hasil penilaian ditetapkan 3 pemenang lomba musikalisasi puisi di Dispursip Kobar yaitu:
1. Juara 1 SMAN 1 Pangkalan Bun
2. Juara 2 SMAN 2 Pangkalan Bun
3. Juara 3 SMAN 3 Pangakalan Bun

Selamat kepada para pemenang lomba musikalisasi puisi tingkat SMA/SMK/MA Tahun 2024. Lomba musikalisasi puisi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengajak lebih banyak orang untuk membudayakan gemar membaca dengan memadukan seni dan sastra. 

Denga musikalisasi puisi diharapkan dapat menumbuhkan kreatifitas pada pelajar dalam bermusik dan puisi dan diharapkan dapat lebih dekat terhadap literasi, terutama minat membaca dan menulis.

Penampilan Musikalisasi Puisi SMAN 1 Pangkalan Bun