Dispursip Kobar Terima Kunjungan Wisata Pustaka SDS Bumitama Kotawaringin Lama

Kabid PLPBP menyambut kedatangan SDS Bumitama Kotawaringin Lama

MMC Kobar - Kamis (12/9) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima kunjungan wisata pustaka dari SDS Bumitama Kotawaringin Lama.  Wisata Pustaka merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh Dispursip Kobar. Kunjungan wisata pustaka ini dilaksanakan dalam rangka upaya peningkatan kualitas peserta didik dan mengembangkan minat baca pelajar SDS Bumitama.

Pada kegiatan wisata pustaka ini, Pelajar SDS Bumitama berjumlah 37 orang dan 5 guru pendamping. Kunjungan wisata pustaka SDS Bumitama  ini disambut secara langsung oleh Kabid PLPBP, Nunuk Indrayani dan Tim Pustakawan Dispursip Kobar di ruang layanan sirkulasi. Ada 3 sesi yang dilaksanakan pada kegiatan wisata pustaka yaitu sosialisasi perpustakaan, read aloud dan wawancara bersama Pustakawan di Aula Harmoni Dispursip Kobar.

(Baca Juga : Monitoring Sekaligus Imbauan Keselamatan Pelayaran Di Dermaga Pasar Cempaka Kumai)

Pada sesi 1, Pelajar SDS Bumitama terlebih dahulu diberikan sosialisasi perpustakaan oleh Pustakawan Ahli Pertama, Sri Wahyuni. Dalam sosialisasinya menyampaikan bahwa Dispursip Kobar memiliki banyak layanan yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, seperti keanggotaan. Jika telah menjadi anggota, pengguna perpustakaan (pemustaka) bisa meminjam koleksi perpustakaan selama 1 minggu.

Pelajar SDS Bumitama diskusi kelompok tugas read aloud

“Untuk diketahui, perpustakaan daerah juga memiliki layanan ekstensi yaitu Pojok Baca Digital (Pocadi) yang berlokasi di Taman Kota Manis Pangkalan Bun. Di Pocadi, pemustaka dapat memanfaatkan koleksi bahan pustaka, Alat Peraga Edukatif (APE) serta Layanan Komputer dan Internet secara gratis,” ungkap Sri.

Selanjutnya, sesi 2 pelajar SDS Bumitama diajak untuk mendengarkan read aloud yang dibawakan oleh Linna Diana. Kemudian, pelajar SDS Bumitama dibagi menjadi 4 kelompok dan diberi tugas untuk membuat yel-yel, menulis judul buku yang disediakan, mencari tokoh utama dalam buku, latar waktu, kata yang tidak biasa/baru di dalam buku serta alur dan pertanyaan mengenai konteks cerita di dalam buku.

Kemudian Sesi 3, Pelajar SDS Bumitama melakukan wawancara terkait perpustakaan bersama Pustakawan Ahli Pertama, Asadin Anhar dan Sri Wahyuni. Selama kegiatan wawancara, pelajar SDS Bumitama sangat aktif bertanya.

Dengan adanya wisata pustaka ini diharapkan pelajar SDS Bumitama semakin mengenal perpustakaan, dapat menumbuhkan minat baca dan tidak merasa asing memanfaatkan berbagai jenis layanan yang ada di perpustakaan secara gratis. Setelah kegiatan wisata pustaka berlangsung, SDS Bumitama mengabadikan momen dengan sesi foto bersama Pustakawan di Aula Harmoni Dispursip Kobar.

Sesi Foto Bersama SDS Bumitama Kotawaringin Lama