Dispursip Kobar Terima Kunjungan Wisata Pustaka dari TK IT Cendikia Kumai

Tim Pustakawan menyambut kedatangan anak-anak TK IT Cendikia

MMC Kobar - Selasa (19/9), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima kunjungan wisata pustaka dari TK IT Cendikia Kumai. Kunjungan wisata pustaka ini disambut secara langsung oleh Pustakawan Terampil Lucyana Kartikasari, Pengelola Bahan Pustaka Ricka Ayu Roselin, Tenaga Perpustakaan Linna Diana dan Sri Wahyuni.

Wisata pustaka merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh perpustakaan yang dapat meningkatkan minat baca dan literasi pada anak-anak sejak usia dini. Kegiatan wisata pustaka pada hari Selasa (19/9) ini diikuti oleh 38 anak dari TK IT Cendikia dengan didampingi guru. 

(Baca Juga : Sebaran Hoaks Ganggu Stabilitas Ekonomi Nasional dan Minat Investasi)

Adapun tujuan wisata pustaka ini adalah untuk mengenalkan literasi sejak usia dini kepada anak-anak, mengenalkan keberadaan perpustakaan, memberikan informasi terkait semua jenis layanan yang di miliki oleh perpustakaan daerah kepada anak-anak TK IT Cendikia.

Lucyana Kartikasari menyampaikan, layanan di Dispursip Kobar buka setiap hari mulai Senin-Minggu, kecuali hari libur nasional/hari besar tutup. Jam layanannya yaitu dari pukul 07.30-20.00 WIB. 

Anak-anak TK IT Cendikia Kumai saat membuat kolase dan bermain di ruang anak

“Anak-anak ajak orang tuanya untuk berkunjung ke perpustakaan. Anak-anak bisa meminjam buku jika sudah menjadi anggota perpustakaan. Selain itu, anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas layanan yang ada di perpustakaan daerah,” terang Lucy.

Setelah disambut, anak-anak diajak untuk menggerakkan badan dengan mengikuti senam beruang bersama di halaman Dispursip Kobar. Setelah senam, anak-anak juga diajak untuk membuat kolase dari biji jagung dan kacang hijau membentuk bunga matahari. Kegiatan membuat kolase dari biji-bijian ini bertujuan untuk mengasah motorik halus pada anak dan melatih konsentrasi pada anak.

Setelah membuat kolase, anak-anak diajak ke ruang bermain anak untuk memanfaatkan Alat Peraga Edukatif (APE) yang dimiliki perpustakaan daerah, area bermain indoor serta membaca buku di ruang baca anak.

Diharapkan dengan adanya wisata pustaka dari TK IT Cendikia, anak-anak bisa mengetahui keberadaan dan layanan yang ada di Dispursip Kobar serta anak-anak bisa sering berkunjung ke perpustakaan dengan mengajak orang tuanya memanfaatkan fasilitas layanan yang ada di Dispursip Kobar. (dispursip kobar)

(Foto bersama) - Tim Pustakawan dan TK IT Cendikia Kumai