Disperindagkop UKM Gelar Pelatihan Kemasan dan Desain Produk bagi IKM

MMC Kobar - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop ukm) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Pelatihan Kemasan dan Desain Produk di Aula Kecamatan Pangkalan Lada, Rabu (21/8). Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Perindustrian, Loka Pom Kobar dan DPMPTSP.

Acara dibuka langsung Kepala Bidang Perdagangan Suhendra, mewakili Kepala Dinas Perindagkop UKM Kobar. Dalam sambutannya, Suhendra mengharapkan pelatihan ini dapat membantu para pelaku usaha yang ada di Kotawaringin Barat naik kelas.

(Baca Juga : Sinergisitas Pranata Humas Jadikan Komunikasi Pemerintah Komprehensif)

“Pelatihan ini juga sekaligus membantu IKM yang belum memiliki NIB, P-IRT serta SIINas dan juga para pelaku usaha langsung berkonsultasi dengan pihak kementerian perihal desain kemasan untuk Produk mereka,” ujar Suhendra.

Sementara itu, Kepala Bidang Perindustrian Titik Elly Wina mengatakan dengan adanya pelatihan ini diharapkan seluruh pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dapat memahami dasar dari desain kemasan yang mana bertujuan untuk melindungi produk, menarik perhatian konsumen, serta menyampaikan informasi.

Penyuluh Perindustrian Rita Novianti, dengan adanya pelatihan ini kita dapat mengetahui pentingnya pemilihan warna dan bentuk dalam mempengaruhi persepsi konsumen.

Turut hadir Camat Pangkalan Lada Dwita Setyawati yang memberikan sambutan perihal pelatihan desain kemasan. Dwita juga mengucapkan sangat terimakasih kepada pemerintah daerah karna telah mengadakan acara ini di Aula Kecamatan Pangkalan Lada.

Pelatihan Kemasan dan Desain Produk berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 21-23 Agustus 2024. Pelatihan ini diikuti kurang lebih 40 orang peserta yang terdiri dari berbagai desa yang ada di Kobar yang meliputi 3 kecamatan yaitu Kecamatan Pangkalan Lada, Pangkalan Banteng dan Arut Selatan.