Dinas Pariwisata Kobar Adakan Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay Tahun 2024

MMC Kobar - Di tahun 2024 ini sektor pariwisata Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan Travel and Tourism Development Index (TTDI) yang baru saja dirilis secara resmi oleh World Economic Forum(WEF), pada 21 Mei 2024 menunjukkan posisi Indonesia kembali melesat naik 10 peringkat, dari ranking 32 menjadi peringkat 22 dunia. 

Seiring prestasi tersebut, pemerintah daerah optimis bahwa pengembangan kepariwisataan dengan tata kelola yang baik nantinya akan menjadi pilar utama perekonomian di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). 

(Baca Juga : Cegah Perkawinan Usia Anak, GOW Kobar Gelar Seminar)

Keyakinan akan terus membaiknya sektor pariwisata di masa mendatang mendorong pemda untuk melaksanakan kegiatan yang berdampak langsung pada masyarakat, salah satunya adalah pengembangan SDM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay atau Pondok Wisata .

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola usaha homestay/pondok wisata agar lebih profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.

Pelatihan dibuka oleh Plt Kadispar Kobar Edie Faganti pada Selasa (17/9). Membacakan sambutan Pj Bupati Kobar, Edie menyampaikan bahwa para pelaku usaha homestay harus memahami pengelolaan homestayberstandar nasional maupun ASEAN, sehingga mampu bersaing dengan pelaku usaha homestay daerah lain. 

“Kotawaringin Barat mempunyai potensi besar untuk menarik kunjugan wisatawan dengan menawarkan homestay yang aman, nyaman, unik dan mengedepankan kearifan lokal,” ucap Edie Faganti.

Edie berharap, peserta harus menyimak baik-baik setiap materi yang disampaikan oleh narasumber agar dapat menerapkan di tempat usahanya.

“Semoga pelatihan ini akan membuat pengelola homestay mampu membuat wisatawan yang menginap di homestaynya  menjadi betah dan membawa wisatawan lain datang ke Kobar,” pungkas Edie.

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay atau Pondok Wisata menjadi sebuah konsep yang sangat sesuai untuk mendukung pengembangan amenitas pariwisata. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari di Brits Hotel Pangkalan Bun mulai tanggal 17 September s/d 19 September 2024. 

Narasumber berasal dari kalangan akademisi, Ketua DPD Indonesia Homestay Association/IHSA Kotawaringin Barat, Chef Executive Brits Hotel dan pengelola homestay yang telah berjalan dengan baik.

Salam Pesona Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia..