Dekranasda Kobar Ikut Serta dalam Pameran Kriyanusa 2024 di Jakarta

MMC Kobar - Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ikut serta dalam Pameran Kriyanusa yang bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) yang digelar pada Selasa (28/8). Kegiatan Kriyanusa 2024 menjadi ajang yang sangat penting bagi pengrajin Kalimantan Tengah untuk menunjukkan kualitas produk mereka dan menjalin hubungan dengan berbagai pelanggan potensial dari seluruh Indonesia.

Rakernas yang digelar selama 5 hari mulai tanggal 28 Agustus - 1 September 2024 ini dibuka dengan pidato inspiratif oleh Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin, yang menyoroti peran sentral generasi muda dalam menjaga kelestarian budaya di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat.

(Baca Juga : Jaga Kestabilan Harga, Diskan Kobar Survei Harga Ikan di Beberapa Pasar)

Tema Rakernas 2024, “Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya Bangsa,” seakan menjadi seruan kebangkitan bagi para perajin muda untuk tidak hanya bertahan, namun juga mengembangkan kekayaan budaya Nusantara. Di era yang serba digital ini, generasi muda dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas warisan budaya agar tetap relevan dan menarik di mata dunia.

Selain Ketua Umum Dekranas, hadir juga Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah, Ivo Sugianto Sabran. Ivo Sugianto mengungkapkan dukungannya terhadap tema Rakernas yang dinilai sangat tepat dan sesuai dengan kondisi saat ini. 

“Generasi muda memegang peranan kunci dalam melanjutkan dan mengembangkan tradisi budaya yang kita miliki. Mereka adalah penerus yang akan membawa budaya kita ke masa depan,” ujar Ivo dengan penuh keyakinan.

Rakernas Dekranas 2024 yang juga dihadiri secara virtual oleh seluruh Dekranasda Kabupaten/Kota se-Indonesia ini, diharapkan menjadi momentum penting dalam memperkuat sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan generasi muda untuk bersama-sama melestarikan dan memajukan warisan budaya bangsa.