Damkar Kobar Berikan Pelatihan Penanganan dan Pencegahan Secara Dini Bahaya Kebakaran kepada Anggota DWP Kobar 

Personil Damkar Kobar Sedang Melakukan Persiapan Praktek Pemadaman Menggunakan Material Basah Seperti Karung Goni. Foto by Damkar Kobar

MMC Kobar - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kotawarigin Barat (Kobar) mengikuti pelatihan penanganan dan pencegahan secara dini bahaya kebakaran di halaman Kantor Bupati Kobar, Selasa (10/9).

Ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi pemerintahan DWP ini tampak antusias mengikuti pelatihan, yang mana materi disampaikan oleh personil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kobar.

(Baca Juga : Pelatihan ASN Penyuluh Pertanian Angkatan VI Hadirkan Narasumber dari Dinas Kominfo Kobar)

"Hari ini kita adakan pelatihan terhadap seluruh anggota DWP Kabupaten Kotawaringin Barat tentang bagaimana cara memadamkan api, yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari baik saat kita dirumah, di tempat bekerja atau dimanapun kita berada," ujar Ketua DWP Kobar Eko Yulianti Rody Iskandar.

Kepala Bidang Pencegahan Zulhadi Sedang Menyampaikan Materi Kepada Ibu-Ibu DWP Kobar

Yulianti mengatakan, sebagai Ibu rumah tangga yang biasa sibuk aktifitas masak memasak di dapur, tentu hal-hal yang tak terduga bisa saja terjadi seperti kebakaran dan sebagainya. “Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan ibu-ibu DWP semuanya yang hadir, sehingga mempunyai keterampilan serta paham cara mengatasi jika terjadi kebakaran di rumah atau dilingkungan sekitar kita,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pencegahan Dinas Damkar dan Penyelamatan, Zulhadi sebagai pemateri juga berharap pelatihan ini dapat melatih mental para ibu-ibu anggota DWP terutama untuk tidak panik jika berhadapan dengan api.

“Adapun materi dan praktek yang kami berikan kepada ibu-ibu DWP yaitu bagaimana cara penanganan apabila terjadi kebocoran pada komponen kompor Gas LPG, serta bagaimana cara penanggulangannya yang benar dan tepat, sehingga api yang disebabkan kebocoran pada kompor gas dapat dipadamkan dengan tepat dan mencegah terjadinya kebakaran yang dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain,” terang Zulhadi.

Selain itu, Zulhadi juga mengingatkan kepada ibu-ibu DWP apabila ibu-ibu melihat atau mengetahui telah terjadi kebakaran atau kedaruratan lainnya yang dapat membahayakan nyawa manusia agar segera mungkin melaporkan ke Damkar Kobar.

“Nomor whatsapp layanan kedaruratan kami di nomor 0812 9046 1661. Bisa juga langsung datang ke Mako Damkar Kobar di Jalan Pangeran Antasari Kelurahan Raja,” tutup Zulhadi (rz/damkarkobar)

Antusias Ibu-Ibu DWP Kobar mengikuti Pelatihan dan Penangan Secara Dini Bahaya Kebakaran.