Bunda PAUD Kabupaten Kobar Monitoring MPLS Sekolah Dasar di Kecamatan Pangkalan Banteng

*Pastikan Terlaksananya Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan
Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kotawaringin Barat, Hj Harli Saparia Budi Santosa, didampingi Bunda PAUD Kecamatan Pangkalan Banteng Anita Sulistiani melaksanakan monitoring kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Kecamatan Pangkalan Banteng, Kamis (11/7/2024)

MMC Kobar -  Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kotawaringin Barat, Hj Harli Saparia Budi Santosa, didampingi Bunda PAUD Kecamatan Pangkalan Banteng Anita Sulistiani melaksanakan monitoring kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Kecamatan Pangkalan Banteng, Kamis (11/7)

Selain monitoring, Bunda PAUD Kabupaten Kobar juga menyaksikan penyerahan bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) dari sejumlah perusahaan untuk sekolah.

(Baca Juga : Jika Tabung Gas LPG Bocor, Damkar Kobar Imbau Masyarakat Tidak Panik)

“Monitoring ini untuk memastikan pelaksanaan MPLS di SD dalam rangka menyukseskan program pemerintah yaitu gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” ungkap Hj Harli Saparia.

Selain itu, Bunda PAUD juga ingin memastikan setiap anak mendapatkan haknya dalam membangun fondasi kemampuan belajar sejak usia dini, menghargai proses perkembangan yang berbeda-beda di setiap satuan pendidikan terutama PAUD dan SD.

“Dari manapun titik berangkat mereka, semua perlu menghargai proses anak yang berbeda-beda, karena membangun kemampuan pondasi perlu dilakukan bertahap,” lanjutnya.

Menurutnya sebagai sebuah gerakan, transisi PAUD ke SD yang menyenangkan harus dilakukan bersama-sama dengan semangat gotong royong. Para guru harus mengupayakan perubahan pada proses pembelajaran di satuan pendidikan, dengan didukung oleh para orang tua.

MPLS merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekolah pada saat awal tahun ajaran baru, pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran dan membantu peserta didik beradaptasi dengan aspek keamanan dan sarana prasarana sekolah, serta mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya. (shm)