Evaluasi Capaian Kinerja, Pemkab Kobar Dukung Pemeriksaan dari Inspektorat Daerah Provinsi Kalteng

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan good governance dalam rangka membangun daerah. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kobar menyambut tim pemeriksa reguler dari Inspektorat Daerah Provinsi Kalteng.

Penyambutan pada Senin (18/7) pagi ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati dan dihadiri kepala OPD di lingkungan Pemkab Kobar. Kehadiran tim yang dipimpin oleh Inspektur Daerah Provinsi Kalteng pada 17-26 Juli 2022 di Kobar ini dilaksanakan dalam rangka pemeriksaan reguler pemerintahan daerah tahun anggaran 2022.

(Baca Juga : Sanksi Pelanggaran Protokol Kesehatan Mulai Diberlakukan)

Pemeriksaan ini didasarkan atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 beserta perubahannya tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Permendagri Nomor 48 Tahun 2021 tentang Perencanaan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Inspektur Daerah Provinsi Kalteng, Saring, menyampaikan jika pemeriksaan ini dilaksanakan guna menilai dan mengukur kepatuhan pemerintah daerah terhadap standar akuntansi pemerintah.

“Mohon kerjasamanya khususnya bagi kepala OPD, agar pelaksanaan kegiatan pemeriksaan ini bisa berjalan lancar. Pemeriksaan ini dilaksanakan dengan tujuan bagaimana pemerintahan bisa berjalan dengan baik, jadi bukan untuk mencari kesalahan-kesalahan,” kata Saring.

Sekda Kobar Suyanto saat membacakan sambutan Pj Bupati mengungkapkan jika pemkab Kobar berkomitmen untuk melaksanakan setiap kebijakan pemerintah dengan tetap menindaklanjuti dan mengacu pada semua petunjuk, arahan, regulasi dengan tetap membangun koordinasi dengan pemerintah provinsi selaku perwakilan pemerintah pusat.

“Pada intinya pemeriksaan ini dilakukan untuk mengevaluasi capaian kinerja terhadap rencana pembangunan pada aspek pengawasan umum dan teknis, karena itulah saya harapkan setiap OPD mendukung kegiatan ini,” kata Suyanto.

Suyanto berharap kegiatan pemeriksaan ini juga memberikan manfaat dan perubahan ke arah lebih baik dalam menjalankan roda pemerintahan. (prokom kobar)