BPBD Kobar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Pemukiman Kelurahan Baru

Personil BPBD Kobar menurunkan bantuan logistik untuk korban kebakaran pemukiman di Kelurahan Baru, Selasa (16/8).

MMC Kobar - Pasca kejadian kebakaran pemukiman yang terjadi pada Minggu (14/8) lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Selasa (16/8) menuju lokasi guna menyalurkan bantuan logistik kepada korban kebakaran. Beberapa paket sembako dan paket untuk kebutuhan sehari-hari diserahkan melalui posko yang berada tidak jauh dari tempat kejadian.

Kehadiran rombongan disambut hangat oleh masyarakat. Kasubbag UKP BPBD Kobar Nurhidayah didampingi Pranata Bencana BPBD Kobar Nining Kristianingsih menyapa petugas posko dan beberapa warga yang membantu dalam penataan pendistribusian bantuan.

(Baca Juga : Tutupi Rambu Lalu Lintas, Dishub Kobar bersama DLH Kobar Lakukan Pemangkasan Pohon di Beberapa Ruas Jalan)

"Di lokasi alhamdulillah bantuan terus berdatangan, baik dari sembako hingga pakaian laik pakai," ujar Nining.

Dengan datangnya bantuan dari berbagai pihak ini, Lurah Baru Yuningtyas Pratiwi mengungkapkan banyak terimakasih atas dukungan yang diberikan. "Bersyukur sekali, support-nya sungguh luar biasa. Mewakili korban kami ucapkan terimakasih untuk bantuannya," ungkap Yuning usai penyerahan secara simbolis.

Penyerahan secara simbolis bantuan logistik untuk korban kebakaran pemukiman di Kelurahan Baru, Selasa (16/8). Bantuan diterima langsung oleh Lurah Baru Yuningtyas Pratiwi.

Selain penyerahan bantuan, personil juga menyambangi lokasi kejadian untuk meninjau kondisi dari para korban. Sebuah unit tangki water supply dikerahkan untuk menyuplai air bersih. Beberapa personil juga meninjau beberapa korban baik dewasa maupun balita yang terdampak.

Kebakaran pemukiman tersebut terjadi pada Minggu (14/8) malam lalu di Jalan Berunai RT. 7 Kelurahan Baru. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kobar yang menerima laporan dari warga langsung terjun ke lokasi usai berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pemadaman.

Proses penanganan kebakaran pemukiman dilakukan bersama instansi terkait antara lain dari Damkar dan Penyelamatan Kobar, Tagana, Polres Kobar, Huma Singgah, Manggala Yudha, PMI Kobar, Indonesia Escort Ambulance (IEA) Kobar, serta karang taruna dan warga. Dari laporan resmi Kelurahan Baru, diketahui 14 unit rumah mengalami rusak ringan hingga berat, dan sebanyak 20 KK terdampak. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (bpbd kobar)