BPBD Kobar Gelar Sosialisasi KIE Rawan Bencana di Lingkungan Sekolah

Penyampaian materi kebencanaan oleh BPBD Kobar di SMPN 9 Arut Selatan Desa Kumpai Batu Bawah pada Selasa (27/2) lalu

MMC Kobar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali mengadakan sosialisasi mengenai kebencanaan di lingkungan pendidikan. Giat Sosialisasi, Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Rawan Bencana Tahun 2024 ini diadakan di Sekolah Alam Bina Insan pada Senin (26/2) dan SMPN 9 Arut Selatan pada Selasa (27/2) lalu.

Kepala Pelaksana BPBD Kobar melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pahrul Laji mengungkapkan, KIE Rawan Bencana merupakan program peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran Siswa-siswi di Sekolah dalam menghadapi dan mengurangi risiko bencana.

(Baca Juga : Cegah Kebakaran Permukiman di Wilayah Kobar, Damkar Kobar Berikan Tips Pencegahan dan Penanganan Kebakaran)

Acara sosialisasi ini dilaksanakan di Sekolah Alam Bina Insan Kelurahan Mendawai dan SMPN 9 Arut Selatan Desa Kumpai Batu Bawah Kecamatan Arut Selatan. Kegiatan ini di ikuti oleh sekitar 300 siswa siswi dari 2 sekolah tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di kedua sekolah tersebut agar dapat bereaksi dengan cepat dan tepat saat terjadi bencana. Di samping itu, disampaikan pula materi tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sebagai salah satu upaya pencegahan bencana,” ujarnya.

Pahrul menambahkan jika dari kegiatan ini diharapkan peserta dapat memahami dan meningkatkan kemampuan tanggap darurat bencana di satuan pendidikan dalam menanggulangi dan mengurangi risiko bencana, sehingga mampu memberikan perlindungan dan keselamatan pada siswa, tenaga pendidik dan lingkungan sekitar.

“Tidak kurang, peserta juga diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan bencana, serta dapat menyebarluaskan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat lainnya” terangnya usai melaksanakan kegiatan tersebut.

KIE Rawan Bencana ini direncanakan masih akan dilanjutkan di beberapa lembaga pendidikan di wilayah Kabupaten Kobar. “Karena ini menjadi agenda tahunan, pastinya kedepan kami akan mengunjungi sekolah lainnya untuk sosialisasi terkait kebencanaan ini,” tandasnya. (bpbd)