31 Pelajar Tingkat SD/MI se-Kabupaten Kobar Tahun 2024 Ikuti Lomba Pantun Seloka

Sesi Foto Bersama Kegiatan Lomba Pantun Seloka Tingkat SD/MI Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2024

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Lomba Pantun Seloka Tingkat SD/MI se-Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2024.  Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (10/9) di Aula Harmoni Lantai 1 Dispursip Kobar.

Lomba Pantun Seloka yang diadakan Dispursip ini mengusung tema “Literasi”, dimana kegiatan ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca. Acara Lomba Pantun Seloka dimulai pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh 31 peserta dari berbagai SD/MI yang ada di Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : Hadiri Rakor dan Silaturahmi Forkopimda se-Kalteng, Pj Bupati Kobar : Pentingnya Kolaborasi Antara Seluruh Pemangku Kepentingan)

Kepala Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, Nunuk Indrayani mewakili Kadispursip Kobar menyampaikan bahwa Pantun Seloka sebagai budaya daerah/kearifan lokal yang perlu dilestarikan. Selain itu, ini menjadi momentum bagi pelajar untuk berkreatifitas di bidang literasi, meningkatkan kecintaan terhadap bahasa persatuan Indonesia, melestarikan bahasa daerah, budaya daerah serta meningkatkan minat dan keterampilan membaca, menulis dan berbicara serta mencari cikal bakal generasi penerus pelestari khazanah budaya daerah.

Penampilan salah satu peserta Lomba Pantun Seloka Tingkat SD/MI Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2024

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Kegiatan Lomba Pantun Seloka Tingkat SD/MI se Kabupaten Kotawaringin Barat saya nyatakan resmi di buka.” ucap Nunuk.

Pada pelaksanaan Lomba Pantun Seloka diberikan durasi maksimal 7 menit dengan memuat 14 syair. Adapun 3 kriteria penilaian lomba pantun seloka yang di adakan di Dispursip Kobar yaitu Alur Cerita, Langgam/Cengkok dan Penampilan. Adapun 3 juri yang ditunjuk untuk menilai Lomba Pantun Seloka yaitu Sapriansyah, S.Ag, Rehulina, S.Pd dan Hj. Tengku Salamah.

Adapun pemenang Lomba Pantun Seloka Tingkat SD/MI Se Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2024 yaitu :

1. Juara 1 - Muhammad Alif Zain ( SDN 2 Sidorejo )

2. Juara 2 - Azmya Sabiya Nasira Raesha ( SDN 1 Sidorejo)

3. Juara 3 - Naira Shazia Adiba Zarobby (SDN 2 Mendawai)

4. Juara Harapan 1 - Aiko Shaquilla Avirio - SDN 2 Mendawai)

5. Juara Harapan 2 - Muhammad Rashdan Al Ghazali ( SDN 1 Runtu)

6. Juara Harapan 3 - Waradana Pongtiroan ( SDN 3 Pasir Panjang)

Dengan terselenggaranya Lomba Pantun Seloka Tingkat SD/MI Se Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2024 di Dispursip Kobar ini diharapkan dapat menjaga dan melestarikan sastra lisan/bahasa daerah melalui berseloka atau berpantun yang merupakan khazanah budaya daerah.

Pemenang Lomba Pantun Seloka Tingkat SD/MI se Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2024