10 Unit APJ di Ruas Jalan Ahmad Yani Telah Terpasang dan Menyala

MMC Kobar - Salah satu fasilitas perlengkapan jalan berupa Alat Penerangan Jalan (APJ) dengan menggunakan daya tenaga surya (Solar Cell) yang berjumlah sebanyak 10 unit yang tersebar pada 10 titik telah terpasang dan menyala menerangi ruas Jalan Ahmad Yani.

10 unit APJ yang terpasang diruas Jalan Ahmad Yani tersebut sebelumnya telah dilakukan survei oleh tim dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama teknisi dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Kobar, Nur Soleh yang mengecek langsung pemasangan APJ tersebut menyampaikan bahwa sebelumnya pihaknya telah melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan titik-titik lokasi pemasangan APJ tersebut.

“Survei dilakukan mulai dari Stasioning (STA) 0 sampai dengan STA 10+00 berlangsung selama dua hari mulai Rabu (31/03) lalu dan hari Kamis (01/04) oleh tim survei Dishub Kobar dan teknisi APJ dari BPTD Wilayah XVI Kalteng,” jelas Nur Soleh pada Rabu (21/04).

Alat Penerangan Jalan yang kini telah terpasang pada 10 titik di ruas Jalan Ahmad Yani tersebut dibangun melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021 Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melalui BPTD Wilayah XVI Kalteng.

Sementara itu, Kepala Dishub Kobar, Fitriyana menyampaikan bahwa pihaknya telah mengusulkan fasilitas perlengkapan jalan untuk beberapa ruas jalan di Kobar sebagai upaya pemerintah untuk mengurangi dan mencegah resiko kecelakaan lalu lintas.

“Ada beberapa ruas jalan diwiliayah Kobar yang diusulkan melalui BPTD Wilayah XVI Kalteng untuk penyediaan fasilitas perlengkapan jalan, baik itu berupa Alat Penerangan Jalan, Rambu-Rambu Lalu Lintas dan Fasilitas lainnya untuk mengurangi dan mencegah resiko kecelakaan lalu lintas,” ujar Fitriyana.

“Untuk tahun ini ada beberapa ruas jalan di wilayah Kobar salah satunya di ruas Jalan Ahmad Yani yang diusulkan dan disetujui oleh pihak BPTD Wilayah XVI Kalteng untuk dilaksanakan pemasangan Fasilitas Perlengkapan Jalan,” tandasnya. (dishub kobar)