Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan, BPBD Kobar Gelar Rakor dan Apel Siaga

MMC Kobar - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebagai koordinator kebencanaan di Kobar menggelar rapat koordinasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sekaligus persiapan pelaksanaan apel siaga tahun 2018, Kamis pagi (7/6) di Aula Kantor Bupati Kobar yang dibuka oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah. Acara ini merupakan rangkaian awal aksi bersama dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Rapat dihadiri 135 peserta dari berbagai kalangan, baik instansi pemerintahan termasuk kecamatan dan kelurahan, perwakilan dari perusahaan dan masyarakat se-Kobar.

Kepala BPBD Kobar Hermon F Lion menyampaikan bahwa rapat ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan sebagai bagian dari sinkronisasi, kesamaan langkah dan gerak dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan di Kobar. Rencana operasi penanganan dititikberatkan pada 14 desa yang dicanangkan sebagai desa tangguh bencana.

Wabup Kobar Ahmadi Riansyah dalam arahannya menyampaikan enam hal yakni, penguatan kelembagaan, peningkatan deteksi dini, peningkatan upaya penyadartahuan serta penguatan penegakan hukum bidang kebakaran hutan dan lahan, pelibatan semua pihak dalam penanganan, serta penyiapan sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

“Sekali lagi ditegaskan bahwa sesuai komitmen bersama yaitu di tahun 2018, Kabupaten Kotawaringin Barat bebas asap. Selain berusaha, berdo’a dan berikhtiar agar dimudahkan dalam segala hal untuk mencapai misi Gerakan Membangun Kotawaringin Barat Menuju Kejayaan dengan Kerja Nyata dan Ikhlas,” tegas Ahmadi Riansyah saat menutup acara pembukaan rapat koordinasi tersebut. (BPBD Kobar)