Presiden Tanda Tangani Sampul Peringatan Karang Pamitran 2018

Jakarta, Kominfo - Presiden RI Joko Widodo menandatangani Sampul Peringatan Hari Pramuka ke-57 dalam rangkaian Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-57, di Lapangan Gajahmada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Selasa (14/08/2018) sore. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayan Puan Maharani dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault ikut mendampingi saat penandatanganan benda filateli itu.

Sampul Peringatan itu disiapkan oleh Direktorat Pos Ditjen Penyelengaraan Pos dan Informatika dan PT Pos Indonesia itu juga menjadi penanda pelaksanaan Karang Pamitran Nasional 2018. Benda filateli itu dicetak sebanyak 500 lembar.

Karang Pamitran merupakan perkemahan untuk orang dewasa pembina dan pelatih pembina Pramuka. Berbeda dengan Jambore yang diikuti Pramuka Penggalang berusia 11 s.d. 15 tahun, Karang Pamitran diikuti Pramuka yang berusia di atas 25 tahun.

Tahun ini Karang Pamitran berlangsung di Desa Lebakharjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dari 13 sampai 19 Agustus 2018. Desa itu tercatat sebagai salah satu desa bersejarah bagi Gerakan Pramuka di Indonesia. Pada Tahun 1978, berlangsung Perkemahan Wirakarya Asia-Pasifik, suatu perkemahan bakti bagi para Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pandega (21-25 tahun).