Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan III

MMC KOBAR - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah meminta semua SKPD untuk melakukan percepatan penyerapan anggaran dan pelaksanaan fisik program dan kegiatan pembangunan daerah pada triwulan IV tahun anggaran 2018. Hal ini mengingat serapan realisasi keuangan dan fisik program dan kegiatan pada triwulan III masih dibawah target yang ditetapkan.

“Secara normatif target capaian realisasi fisik dan keuangan pada triwulan III minimal sebesar 85%, namun berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Kepala Bappeda, sampai 30 September 2018 diketahui tingkat kemajuan dari realisasi fisik dan keuangan untuk belanja langsung masih di bawah target yang ditetapkan,” ujar Bupati pada rapat evaluasi pelaksanaan APBD dan APBN Kabupaten Kobar Triwulan III di Aula Bappeda Kobar, Kamis (11/10).  

Bupati lanjut merinci persentase hasil pelaksanaan rencana pembangunan pada triwulan III tersebut, yakni realisasi fisik belanja langsung dana APBD sebesar 71.62% dengan realisasi keuangan sebesar 49.83%. Selanjutnya, belanja tidak langsung menunjukkan realisasi fisik sebesar 75% dan realisasi keuangannya sebesar 63.16%. Sedangkan untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) menunjukan realisasi fisik sebesar 77.84% dan 54.15% realisasi keuangannya. “Capaian ini masih dibawah target, masih rendah,” katanya.

Bupati berharap kinerja rencana pelaksanaan pembangunan pada triwulan IV, capaian kinerja belanja langsung, belanja tidak langsung dan DAK, baik realisasi fisik maupun keuangannya dapat mencapai 100%.

Dijelaskannya lagi bahwa tahun 2018 merupakan tahun pelaksanaan pembangunan jangka menengah dalam RPJMD Kabupaten Kobar tahun 2017-2022, karenanya Bupati juga meminta agar semua SKPD melakukan evaluasi dan menganalisa kembali program dan kegiatan yang akan dilaksanakan, dengan begitu Dia berharap pelaksanaan program pembangunan tersebut mampu dicapai sesuai target yang ditetapkan.

“Apabila terdapat kendala, di dalam forum inilah kesempatan kita untuk menggali setiap permasalahan yang dihadapi oleh SKPD berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan pembangunan, dan secara bersama-sama pula kita upayakan untuk mencari solusi pemecahannya,” jelasnya.

Bupati juga menekankan bahwa dalam pelaksanaan pengendalian rencana pembangunan pada tahun anggaran 2018 ini, agar semua sasaran program dan kegiatan yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Pelaksanaan rencana pembangunan ini memegang peranan yang penting, apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah haruslah memberikan manfaat bagi masyarakat,” tutupnya.

Rapat evaluasi pelaksanaan APBD dan APBN Kabupaten Kobar Triwulan III yang digelar Bappeda Kobar juga dihadiri Ketua DPRD Kobar Triyanto, Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah dan Pj Sekda Kobar Suyanto, yang diikuti seluruh pejabat eselon II, III dan IV di Pemerintah Kabupaten Kobar. (Humas Diskominfo Kobar)