TRC BPBD Kobar Respon Cepat Tangani Pohon Tumbang Pasca Hujan dan Angin Kencang

Personil BPBD Kab. Kobar bersiap melakukan penanganan pohon tumbang di Jl. Jend Sudirman, Kel. Sidorejo Kamis (29/9)

MMC Kobar - Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin pada Kamis (29/9) pagi merobohkan beberapa pohon wilayah di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Dari informasi yang diterima via media sosial, pohon tumbang dengan diameter bervariasi roboh menutupi badan jalan hingga menimpa bangunan.

Beberapa tempat tersebut yakni di ruas jalan Bahari RT.04 Desa Sungai Tendang Kecamatan Kumai, jalan Samari I RT.28 dan jalan Iskandar RT.18 Kelurahan Madurejo, jalan Jend.Sudirman RT.03 dan jalan Cilik Riwut I Gang Fatahillah RT.14 Kelurahan Sidorejo.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Evaluasi Serapan Anggaran dan Pembangunan di Kobar)

Personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kobar yang siaga meluncur ke lokasi yang sudah diterima. "Ketika hujan lumayan reda, personil langsung berangkat ke lokasi. Karena ada di beberapa titik jadi personil piket dan regu penyokong dibagi," ujar Koordinator Regu II TRC BPBD Kobar Andan Santana.

Penanganan di jalan Bahari dilakukan pertama kali. Sebuah pohon cemara dengan cepat ditangani agar tidak menghambat jalur pengendara. Selain pohon yang tumbang, personil juga memangkas pohon mahoni yang kondisinya lapuk dan berpotensi tumbang.

"Info dari personil, pohon yang tumbang sempat mengenai pengendara motor. Saat ini posisi korban sudah dilarikan ke rumah sakit," pungkas Andan.

Penanganan pohon tumbang di Jl. Iskandar oleh personil BPBD Kab. Kobar dan beberapa instansi terkait Kamis (29/9)

Sementara itu, penanganan pohon waru di jalan Samari I dilaksanakan dengan cepat. Begitu pun dengan pohon di jalan Iskandar yang tumbang menimpa tempat usaha jahit, dan di lokasi lainnya.

"Diameter pohon tumbang berdiameter 15 hingga 40 centimeter. Penyebabnya selain karena hujan dan angin kencang, kondisi batang yang lapuk maupun akar tidak mampu menopang badan pohon," terangnya.

Penanganan ini diselesaikan dalam waktu kurang lebih 4 jam dengan bantuan berbagai pihak, baik warga, maupun instansi seperti PLN, Telkom, Damkar, dan IEA. Gerak cepat penanganan ini dipuji oleh warga sekitar, salah satunya tokoh masyarakat Desa Sungai Tendang, Anwar.

"Terima kasih untuk personil BPBD Kobar atas aksi cepatnya menangani pohon tumbang ini," pungkas Anwar yang saat ini juga membantu di lokasi. (bpbd kobar)