Tingkatkan Pengetahuan dan Kompetensi SDM Desa Wisata, Dispar Kobar Adakan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2024

MMC Kobar - Desa Wisata merupakan salah satu objek wisata yang sedang berkembang pada sektor pariwisata. Desa Wisata dikembangkan di kawasan perdesaan yang di dalamnya masih memiliki karakteristik khusus. 

Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah memiliki 17 desa wisata yang tersebar di 6 kecamatan. Agar desa wisata yang ada ini semakin maju dan berkembang, SDM pengelola desa wisata perlu ditingkatkan pengetahuan dan kompetensinya. 

(Baca Juga : Pemkab Kobar Resmi Luncurkan Abon Muda)

Oleh karena itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi SDM pengelola desa wisata, Dinas Pariwisata Kobar mengadakan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata tahun 2024.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 14-16 Juni 2024 bertempat di Brits Hotel Pangkalan Bun. Peserta pelatihan ini berasal dari pengelola desa wisata dan perwakilan pokdarwis se-Kabupaten Kobar yang berjumlah 40 orang. Sedangkan narasumber berjumlah 4 orang yang berasal dari akademisi, praktisi pariwisata dan pengelola desa wisata yang telah berhasil meraih juara dalam ADWI tahun 2023.

Dalam sambutan Pj Bupati Kobar yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kobar, Rody Iskandar berharap agar desa wisata yang merupakan aset berharga dapat memberikan manfaat ekonomi, budaya dan lingkungan bagi komunitas lokal dan pengunjung.

“Semoga hasil dari kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dalam rangka meningkatkan kinerja dan komitmen kita bersama dalam memajukan sektor kepariwisataan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujar Rody Iskandar, Jumat (14/6).

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kobar, Edie Faganti dalam laporannya berpesan kepada peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan nanti dapat mengimplemetasikan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini. (dispar kobar)

Salam Pariwisata Indonesia..