Pemkab Kobar Gelar Pelatihan Pengelolaan Homestay/Pondok Wisata

Peserta pelatihan pengelolaan homestay/ pondok wisata di Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (29/5/2023).

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pelatihan Pengelolaan Homestay/Pondok Wisata di Aula Grand Kecubung Hotel, Senin (29/5). Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setda Syahrudin ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 29 – 31 Mei 2023., 

Mewakili Pj Bupati Kobar, Asisten Administrasi Umum Syahruddin mengatakan, saat ini kita sudah sampai pada tahapan strategi pemulihan sektor pariwisata paska pandemi Covid-19. Dengan pariwisata domestik atau lokal sebagai titik awal kebangkitan serta mengembangkan wisatawan nusantara dan terus menguatkan landasan bagi wisatawa mancanegara.

(Baca Juga : Pertama di Kalteng, Bupati Kobar Luncurkan Kartu Tani)

“Salah satu komponen wisata yang perlu dikembangkan untuk mendukung destinasi wisata adalah keberadaan homestay untuk memenuhi kebutuhan wisatawan saat lonjakan pengunjung, dan atau wisata khusus yang tidak bisa dipenuhi oleh fasilitas akomodasi seperti hotel maupun penginapan lainnya,” kata Syahruddin.

Lebih lanjut Syahruddin berpesan untuk terus meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar kelembagaan, pihak swasta, dan stakeholder lainnya seperti hotel, restoran, tempat-tempat kuliner, usaha travel, para mitra pelaku usaha, seniman serta budayawan dan lainnya, agar tercipta hubungan baik dan saling sinergis satu sama lain.

Pada Kesempatan yang sama, Kadis Pariwisata Wahyudi dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola usaha homestay/pondok wisata agar lebih profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.

“Narsumber berjumlah empat orang yang terdiri dari Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau, praktisi homestay yang merupakan Founder PT Merti Borneo Alase. Kemudian dari akademisi/ pusat studi pariwisata Kalimantan Tengah dan dari perwakilan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Kobar, sesuai spesifikasi dan juknis Kemenparekraf,” ungkap Wahyudi. 

Sedangkan peserta pelatihan, lanjut Wahyudi, berasal dari perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kabupaten Kobar, khususnya di desa wisata, pemilik/pengelola homestay, pemerintahan desa yang memiliki potensi wisata, dengan  total jumlah peserta sebanyak 43 orang.

Selain penyampaian materi maupun diskusi, para peserta juga langsung praktek lapangan di homestayBamban Water Light dan Bubuhankita Guesthouse. (dsy/diskominfo kobar)

(Foto bersama) - Assisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Syahruddin beserta Kadis Pariwisata, Kabid Kelembagaan Dispar,Sekretaris Komisi B Rizky Aditya Putra yang mewakili Ketua DPRD, Kepala SOPD Terkaitit dan