Tim Juri ADWI Lakukan Visitasi ke Desa Wisata Pasir Panjang

MMC Kobar - Setelah melewati beberapa tahapan seleksi, Desa Wisata Pasir Panjang masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023, dari 4.575 desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia. 

ADWI merupakan ajang penganugerahan bagi desa wisata terbaik di Indonesia. Tahapan kurasi yang telah dilewati oleh Desa Wisata Pasir Panjang terdiri dari lima kategori penilaian, klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta.

(Baca Juga : Forum Kabupaten/Kota Sehat Kobar Kunjungi DLH Kobar)

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Desa Wisata Pasir Panjang dan mendapat dukungan dari berbagai pihak mulai dari OPD terkait, Camat Arut Selatan, UMKM di wilayah desa pasir panjang serta tempat-tempat usaha yang dikelola oleh Pokdarwis. Mereka menyatakan siap mendukung dan membantu persiapan penilaian ADWI sesuai dengan bidang tugasnya.

Pada Rabu (21/06), Tim Juri ADWI yang ditunjuk Kemenparekraf RI melakukan visitasi ke Desa Pasir Panjang. Tim juri terdiri dari Sugeng Handoko dari Nglanggeran dan chef Vindex Tengker. Mereka mengunjungi tempat-tempat yang menjadi kategori penilaian. Visitasi dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21-22 Juni 2023.

Keesokan harinya, Kamis (22/6) Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI Indra Ni Tua berkenan ikut melakukan Visitasi ke Desa Wisata Pasir Panjang. Rombongan dari Kemenparekraf RI tersebut disambut oleh tradisi Lawang Sekepeng dan Ikat Tongang oleh Damang Adat Pasir Panjang. Selain itu, Pj Bupati Kobar Budi Santoso beserta jajarannya juga berkenan ikut menyambut kedatangan mereka.

Pj Bupati Kobar, Budi Santoso memberikan apresiasi kepada Desa Pasir Panjang yang telah meraih prestasi masuk dalam 75 besar dalam ADWI 2023 ini. 

“Saya akan selalu mendukung keberadaan Desa-desa wisata di Kobar. Semoga keberhasilan desa wisata yang 2 tahun terakhir ini telah mampu masuk dalam nominasi ADWI ini menjadi motivasi bagi desa-desa wisata yang ada di Kotawaringin Barat,” ucapnya.

Sementara itu Kadispar Kobar Wahyudi menyatakan kebanggaannya kepada Desa Wisata Pasir Panjang dan berharap agara hasil penilaian tim juri membawa hasil yang memuaskan.

“Marilah bersama-sama kita dorong dan dukung desa wisata yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat ini agar dapat menorehkan prestasi di ADWI yang akan datang,” kata Wahyudi.

Sukseskan selalu Anugerah Desa Wisata..Salam Pariwisata Indonesia.. (dispar kobar)