Persiapan Kobar Expo 2024 di Stadion Sampuraga Makin Matang

Persiapan Kobar Expo di stadion Sampuraga, Kamis (24/10)

MMC Kobar – Kamis (24/10), persiapan untuk Kobar Expo 2024 yang akan digelar di Stadion Sampuraga mulai tanggal 26 Oktober hingga 2 November 2024 mendatang semakin matang. Event tahunan yang selalu dinanti oleh masyarakat Kotawaringin Barat ini siap menghadirkan berbagai acara menarik yang beragam, baik dari segi hiburan, pameran produk lokal, hingga partisipasi pelaku UMKM Kobar. Pembukaan Kobar Expo akan diselenggarakan pada 26 Oktober 2024, dengan berbagai atraksi yang dijanjikan akan memikat perhatian warga.

Masyarakat terlihat antusias menyambut Kobar Expo. Salah seorang warga yang berjualan di sekitar Stadion Sampuraga, Acil Iyah, menyampaikan kebahagiaannya dengan diselenggarakannya acara ini di pusat kota, dekat dengan tempat usahanya. Ia optimis bahwa kehadiran Kobar Expo dapat meningkatkan pendapatannya selama berlangsungnya acara. 

(Baca Juga : Hari Jadi ke-417 Kutaringin, Bupati Kobar Ajak Masyarakat Jaga Solidaritas Sosial dan Perkuat Ketahanan Pangan Keluarga)

"Kami sangat senang sekali, soalnya bisa menambah pemasukan jualan kami," kata Acil Iyah penuh semangat.

Tidak hanya masyarakat yang antusias, pihak penyelenggara juga terus melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kesuksesan acara ini. Direktur PT AMR Mandiri Perkasa, Anisa Melani Rahmah, yang bertindak sebagai Event Organizer (EO) Kobar Expo 2024, mengungkapkan bahwa persiapan di lokasi acara sudah mencapai 80 persen. 

"Selama dua hari ini kami fokus membuat stand dan mendekorasi masing-masing stand-nya," ujar Anisa saat ditemui di lokasi.

Anisa juga menambahkan bahwa listrik dari PLN untuk stand-stand di area Kobar Expo sudah mulai aktif sejak Jumat lalu. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan dua unit genset sebagai cadangan daya di panggung utama. 

"Kami dari pihak EO terus berkoordinasi untuk memastikan semua persiapan, termasuk soal hiburan yang akan digelar selama delapan hari acara nanti," jelasnya lebih lanjut.

Sesuai dengan jadwal, Kobar Expo 2024 akan melibatkan lebih dari 16 musisi dan band lokal yang akan menghibur pengunjung setiap harinya. Selain itu, artis dari luar kota juga turut memeriahkan acara ini, seperti Jihan Audy yang dijadwalkan tampil pada malam pembukaan, Nisa KDI di malam ketiga, dan Ricky Febriansyah pada malam ketujuh. 

"Kami berusaha menghadirkan hiburan yang variatif agar semua pengunjung merasa puas," kata Anisa.

Anisa berharap ke depan, Kobar Expo bisa lebih baik lagi dengan kolaborasi dari berbagai pihak yang terlibat. Menurutnya, kerja sama yang solid dan persiapan yang matang sejak H-30 akan sangat mendukung keberhasilan acara. Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan penggiat seni kreatif untuk menciptakan konten yang inovatif dan menarik.

Tema Kobar Expo tahun ini berfokus pada Kolaborasi untuk Kobar Lebih Maju, di mana semua elemen dari pemerintah, pelaku usaha, hingga komunitas seni berpartisipasi untuk menyukseskan acara. Anisa juga menyoroti pentingnya penganggaran yang tepat agar pelaksanaan acara dapat berjalan lebih lancar dan terencana dengan baik.

"Harapannya, anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan acara bisa membantu EO yang akan datang untuk lebih berakselerasi menyajikan pertunjukan dan hiburan yang lebih spektakuler untuk masyarakat Kobar," tutup Anisa optimis. (Dsy/Diskominfo Kobar).