ANRI Gelar Bimtek Pendampingan Penerapan Aplikasi Srikandi se-Provinsi Kalteng di Kabupaten Kobar

Sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Rody Iskandar, S.Sos, M.Si.

MMC Kobar - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Penerapan Aplikasi Srikandi di Lingkungan Pemerintah Provinsi/Kab/Kota se-Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024, Selasa (16/7). 

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 16-17 Juli 2024 di Mercure Hotel, Pangkalan Bun dan dihadiri oleh kepala bidang kearsipan, arsiparis dan admin Srikandi dari perwakilan 13 kabupaten dan 1 kota se-Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan diawali dengan laporan panitia penyelenggara Prihatni Wuryatmini, M.Hum selaku Ketua Tim Pembinaan Kearsipan Wilayah Timur I.

(Baca Juga : Presiden: Atasi Ketimpangan dengan Optimasi UMKM dan Ekonomi Digital)

Bimtek dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kobar Rody Iskandar. Dalam sambutannya Rody menyampaikan ucapan terima kasih serta kebanggaan bersama karena Pemkab Kobar dapat menjadi wadah bagi kabupaten lain dalam melaksanakan Bimtek e-Arsip Srikandi yang diwujudkan oleh lembaga ANRI.

Penyampaian Laporan panitia penyelenggara Dra. Prihatni Wuryatmini, M.Hum selaku Ketua Tim Pembinaan Kearsipan Wilayah Timur I.

“Manajemen kearsipan adalah suatu kontrol yang sistematis terhadap keseluruhan siklus hidup arsip dari tahap penciptaan, penggunaan, pemeliharaan sampai dengan pemusnahannya. Tujuan penataan arsip yang sistematis adalah agar arsip di temukan dengan mudah, cepat, tepat dan optimal, adanya aplikasi srikandi ini akan merubah sistem dan cara kerja yang bertransformasi dari manual ke digitalisasi yang kita harapkan, menciptakan tata kelola pemerintahan yang efesien, efektif dan akuntabel,” terang Rody.

Rody berharap bimtek ini bisa memberi manfaat besar bagi SDM pengelola arsip sehingga dapat diimplementasikan di instansi masing-masing dalam memudahkan pelayanan pengelolaan kearsipan menuju layanan administrasi pemerintahan yang berbasis digital.

Sesi Foto Bersama Kegiatan Bimtek Pendampingan Penerapan Aplikasi Srikandi se Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Kotawaringin Barat