Puskesmas Arut Selatan Gelar Sosialasi SIPGAR

Narasumber dari Dinkes Kobar, Analis Kesehatan Kerja dan Olahraga Meiningsih, S.Kep saat menyampaikan paparan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Satuan Informasi Pengukur Kebugaran (SIPGAR) di Aula Kantor Dinas Pariwisata Kab. Kobar, kamis (24/10).

MMC Kobar - Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam medorong gaya hidup sehat dan aktif di kalangan masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Puskesmas Arut Selatan, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Satuan Informasi Pengukur Kebugaran (SIPGAR) di Aula Kantor Dinas Pariwisata, Kamis (24/10).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinkes Kobar, Analis Kesehatan Kerja dan Olahraga Meiningsih. Sasaran kegiatan ini adalah pegawai di lingkungan Dinas Pariwisata Kobar.

(Baca Juga : Presiden Ajak Bangsa Indonesia Jadi Tuan Rumah yang Baik)

SIPGAR adalah aplikasi yang dikembangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia untuk membantu masyarakat memantau dan mengukur tingkat kebugaran jasmani secara digital.

Kepala Puskesmas Arut Selatan, Asmawati menyampaikan, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kebugaran jasmani masyarakat, aplikasi ini hadir sebagai solusi teknologi yang mendukung pemantauan dan evaluasi kebugaran secara efektif. Dengan berbagai kegiatan mulai dari sosialisasi, pengukuran kebugaran, hingga integrasi dengan program nasional seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"SIPGAR juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran, dan partisipasi masyarakat dalam menjalani hidup sehat,” kata Asmawati.

“Melalui dukungan data yang akurat, rekomendasi latihan fisik yang tepat, serta monitoring kebugaran secara berkelanjutan, SIPGAR menjadi alat penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan bugar di masa depan,” tambah Asmawati. (NM-DinkesKobar)