Sosialisasi KLA Forum Anak Sebagai Pelapor dan Pelopor (2P)

MMC Kobar - Dinas Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2 KB) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan Sosialisasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Forum Anak Sebagai Pelapor dan Pelopor (2P) pada Selasa (23/3). Kegiatan ini dihadiri oleh Bappeda, Seketaris Dinas P3AP2KB, Disdukcapil, Dinas Kesehatan dan Forum Anak Daerah.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan audiensi bersama narasumber Drs. Teguh Pramono, M.AP dari Disdukcapil dan Samsudin, SKM, M.Si dari Dinas Kesehatan. Audiensi ini digelar untuk menggali informasi mengenai KLA.

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Gelar Sosialisasi ODOL untuk Wilayah Barat di Kabupaten Kobar)

Topik utama audiensi kali ini yaitu mengenai pemenuhan hak sipil anak berupa akta kelahiran dan KIA (Kartu Indonesia Anak) diantaranya meliputi seberapa penting akta kelahiran dan KIA, apa saja persyaratan yang diperlukan bila ingin membuat akta kelahiran dan KIA, hingga kontribusi atau peran apa yang bisa di berikan oleh Forum Anak Kobar dalam pemenuhan hak sipil anak berupa akta kelahiran dan KIA.

“Kami juga membahas mengenai bahaya rokok dan pengaruh iklan rokok bagi anak bersama Dinas Kesehatan yang meliputi mengapa rokok sangat berbahaya, apa pengaruh iklan rokok di lingkungan sekitar bagi anak dan apa saja peran serta dari Forum Anak Kobar dalam mencegah dan menghentikan rokok usia anak,” tutur Teguh.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh anggota Forum Anak Kab. Kobar dan mendapatkan antusias yang sangat meriah dan sangat diapresiasi oleh Narasumber kita. Anggota Forum Anak juga dapat berinteraksi langsung kepada Narasumber mengenai hak-hak sipil dan kesehatan pada anak,” tambah teguh. (dp3ap2kb kobar)