Siapkan Kabupaten Kobar Bebas Kasus Frambusia, Dinkes Kobar Gelar Workshop Persiapan Penilaian Eradikasi Frambusia

Kegiatan Workshop Persiapan Penilaian Eradikasi Frambusia Tahun 2021 Kabupaten Kotawaringin Barat di aula kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (13/12).

MMC Kobar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan Workshop Persiapan Penilaian Eradikasi Frambusia Tahun 2021 pada Senin (13/12). Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor Dinkes Kobar dengan narasumber Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Kegiatan ini dihadiri peserta sebanyak 18 orang yang terdiri dari perwakilan 18 puskesmas di wilayah Kobar. Kepala Dinkes Kobar melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengandalian Penyakit, dr. Jhonferi Sidabalok, MARS. menyampaikan, kegiatan hari ini dilaksanakan untuk membahas eradikasi frambusia, yaitu penyakit yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

(Baca Juga : Terapkan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup di Sekolah, DLH Kobar Gelar Sosialisasi Gerakan PBLHS)

“Dari beberapa tahun terakhir laporan dari puskesmas bahwa sudah tidak ditemukannya lagi kasus frambusia di Kabupaten Kobar,” kata Jhonferi.

Ditambahkan Jhonferi, untuk mendapatkan sertifkat eradikasi frambusia, Pemkab Kobar melalui Dinkes akan mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan agar mendapatkan pengakuan bahwa di Kabupaten Kobar sudah bebas kasus frambusia.

“Guna mendapatkan sertifikat tersebut kita sudah mempersiapkan termasuk kegiatan hari ini, merupakan salah satu persiapan untuk melakukan survey tentang eradikasi frambusia bahwa sudah tidak ditemukannya lagi kasus di Kabupaten Kobar", imbuhnya.

Harapannya, lanjutnya, setelah dilakukan survei tidak ditemukan lagi kasus frambusia, sehingga Kabupaten Kotawaringin Barat bisa menjadi kabupaten yang bebas frambusia", tandasnya. (dinkeskobar/irawan)