Satgas Siapkan Kobar sebagai Kota Bebas dari Pungli

Rapat Koordinasi Satgas Saber Pungli Kabupaten Kotawaringin Barat yang dipimpin langsung oleh Ketua dan Wakil Ketua I di Aula Inspektorat Kobar, Jumat (12/3).

MMC Kobar - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Rapat Koordinasi Triwulan I di Aula Inspektorat Kobar, Jumat (12/03). Rapat yang yang dipimpin langsung oleh Ketua Satgas Saber Pungli Kobar ini dihadiri oleh seluruh anggota satgas yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Unsur Pemda dan Akademisi. Mereka semua terbagi dalam masing-masing Pokja yaitu Pokja Intelejen, Pokja Pencegahan, Pokja Penindakan dan Pokja Yustisi. Selain itu juga ada kelompok Ahli dan Sekretariatan.

Rapat koordinasi menyimpulkan bahwa Satgas akan menyiapkan Kobar sebagai kota bebas dari pungli sebagaimana yang diungkapkan oleh pimpinan rapat. “Kita mendapat amanah untuk menjadikan Kobar bebas dari pungli, tentunya kita akan bekerja cepat untuk menyiapkan infrastrukturnya. Untuk itu mohon kerja samanya kepada semua pihak,” ungkap Kompol Boni Ariefianto selaku Ketua Satgas Saber Pungli Kobar.

(Baca Juga : Libur Natal, Dishub Kobar Lakukan Penjagaan dan Pengaturan Lalu Lintas di Obyek Wisata Bugam Raya)

“Sesuai pedoman penilaian yang dikeluarkan oleh Satgas Saber Pungli RI ada lima bidang yang harus kita penuhi agar Kobar Bebas Pungli yaitu bidang SDM, Operasional, Sarana dan Prasarana, Penganggaran, serta Inovasi dan kreasi,” tambahnya.

Dengan menyiapkan Kobar sebagai kota bebas dari pungli maka semua jenis pelayanan yang harus dipastikan bebas pungli. Untuk mendukung ini, pola pelayanan publik perlu diubah dengan menggunakan sistem digital, yakni dengan mengurangi transaksi tatap muka antar organisasi perangkat daerah dan masyarakat.

Khusus di bidang Inovasi dan kreasi, Satgas menyampaikan akan menyiapkan tim tersendiri serta akan mengutamakan kearifan lokal yang ada di Kobar untuk dijadikan inovasinya. Hal ini dimaksudkan agar Saber Pungli memang membumi di Bumi Marunting Batu Aji.

“Kita akan bentuk Panitia Percepatan Implementasi Kobar bebas dari pungli dan kita targetkan dalam waktu satu bulan infrastruktur sudah tersedia. Sehingga dalam waktu tidak terlalu lama kita akan siap melaunching Kobar Bebas dari Pungli,” pungkas Kompol Boni yang juga menjabat sebagai Waka Polres Kobar. (itkab kobar)