Pj Bupati Budi Santosa Kukuhkan Anggota Satlinmas se-Kabupaten Kobar

MMC Kobar – Penjabat (Pj) Bupati Budi Santosa memimpin upacara Pengukuhan Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tahun 2023. 

Dalam kegiatan pada Rabu (13/12) di halaman Kantor Bupati ini yang dikuti oleh anggota Satlinmas dari 6 kecamatan ini diselingi dengan kegiatan pemusnahan barang bukti minuman beralkoho hasil penegakan Perda Peredaran Minuman Beralkohol. 

(Baca Juga : Pemerintah Tetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022)

Dalam arahannya Pj Bupati Budi Santosa menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada anggota Satlinmas yang telah berdedikasi dalam menjaga keamanan, ketertiban umum, dan ketentraman di wilayah masing-masing. 

Budi Santosa menggarisbawahi peran penting Satlinmas dalam menjaga ketertiban umum di wilayah desa dan kelurahan. Ia menyoroti kontribusi mereka dalam mendukung penyelenggaraan pemilu dan Pilkada yang aman, tentram, dan tertib. 

Kepala Satuan Pol PP Kabupaten Kobar juga melaporkan bahwa Satuan Pol PP telah melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas Satlinmas di 6 kecamatan sejak bulan September hingga November 2023. Dari total anggota Satlinmas sebanyak 1.166 personil, sebanyak 461 personil atau 39,53% telah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan. 

Upacara pengukuhan ini menjadi momen penting bagi Pj Bupati untuk memberikan arahan kepada para anggota Satlinmas. “Laksanakan Sumpah/Janji Satlinmas dengan Sungguh-sungguh, tinggalkan tingkah laku yang mengikuti norma hukum, agama, susila, dan perilaku sosial yang hidup dan berkembang di masyarakat,” pesan Budi Santosa. 

Budi Santosa juga menegaskan bahw personil Satlinmas harus berkarakter professional. “Utamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, berdisiplin, taat pada hukum yang berlaku, dan menjunjung tinggi etika yang bersifat profesional, inovatif, dan berwibawa,” tegas Budi Santosa. 

Upacara pengukuhan ini bukan hanya sekadar seremoni formal, namun juga menjadi momentum penting dalam meneguhkan komitmen Satlinmas dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kobar. 

Diharapkan, dengan arahan yang telah diberikan, para anggota Satlinmas akan semakin mengokohkan diri sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan ketentraman wilayah. (prokom_rib)