Peringati Hari Jadi ke-418, Bupati Hj Nurhidayah Ajak Kembangkan Budaya Lokal

MMC Kobar - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti Peringatan Hari Jadi Kutaringin ke-418 di Kecamatan Kotawaringin Lama. Secara terbatas, kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at (11/6/2021) ini diikuti oleh tokoh masyarakat Kotawaringin Lama. Peringatan hari jadi Kutaringin ke-418 ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, dan juga ucapan terima kasih kepada para pendiri Kutaringin dan para pendahulu.

“Karena ini tidak terlepas dari sejarah dan perkembangan kerajaan Kutaringin yang merupakan satu satunya kerajaan yang ada di Kalimantan Tengah dan merupakan cikal bakal pemerintahan pada saat itu, hingga terbentuknya Kabupaten Kotawaringin Barat, semoga jasa para pendiri Kutaringin dan pendahulunya dapat menjadi amal ibadah serta mendapat tempat yang layak disisi Allah SWT,” kata bupati Hj Nurhidayah dalam sambutannya.

Meski tidak dirayakan seperti sebelum pada masa pandemi, namun kegiatan yang berlangsung di aula kantor camat Kotawaringin Lama ini berjalan dengan khidmat. Di momen ini, Hj Nurhidayah mengajak masyarakat untuk mensyukuri berbagai potensi yang dimiliki oleh Kobar.

“Betapa kita telah diberi wilayah yang kaya akan potensi dengan warisan sejarah dan budayanya, yang kemudian diperkaya dengan adanya akulturasi budaya,” ujar Hj Nurhidayah. Hj Nurhidayah juga berharap akulturasi budaya yang ada di Kobar tidak menghilangkan ciri khas budaya lokal.

Bupati Hj Nurhidayah juga mengajak masyarakat untuk mewarnai Kecamatan Kotawaringin Lama dengan mengimplementasikan pengembangan budaya lokal sebagai alat pemersatu dalam kehidupan bermasyarakat, sebagai penyangga budaya nasional yang dinamis sejalan dengan misi pembangunan kita yaitu melestarikan situs budaya, kesenian lokal dan budaya masyarakat lainnya guna meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Kobar. (prokom kobar)