Peringatan Hari Pendidikan, Sekda Rody Iskandar Berharap Kurikulum Merdeka Belajar Berdampak terhadap Peningkatan Kualitas SDM

MMC Kobar – Ratusan siswa dari berbagai sekolah di wilayah Pangkalan Bun pada Kamis (2/5) pagi mengikuti Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024. Upacara yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayanan (Dikbud) ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawatingin Barat (Kobar) mewakili Penjabat (Pj) Bupati yang tengah melaksanakan tugas di luar daerah.

Membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Riset Teknologi (Menristek), Sekda Kobar Rody Iskandar menyampaikan, dunia pendidikan di Indonesia telah dihadapkan pada berbagai tantangan yang mendorong untuk terus bertransformasi menuju perubahan yang lebih baik. 

(Baca Juga : Pemkab Kobar Beri Penghargaan Kepada WP Daerah )

"Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar, bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran," ujar Rody Iskandar. 

Rody mengaku mulai merasakan perubahan terjadi di dunia pendidikan. “Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama melalui gerakan Merdeka Belajar," ungkap Rody Iskandar. 

Upacara ini juga diwarnai dengan penampilan seni dari para siswa, serta pameran karya dari para siswa. “Berbagai pameran yang kita lihat ini adalah salah satu dampak nyata dari kurikulum merdeka berlajar,” lanjutnya.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini menjadi momentum di Kobar untuk merenungkan pencapaian dan tantangan yang dihadapi, sekaligus membangkitkan semangat untuk terus berjuang memajukan dunia Pendidikan. Rody Iskandar berharap melalui kurikulum merdeka belajar kualitas sumbaer daya manusia (SDM) di Kobar bisa terus meningkat. (prokom_rib)