Penuhi Kebutuhan SDM Bidang Perhubungan Darat, Dishub Kobar Terapkan Pola Pembibitan PTDI - STTD

Rapat Koordinasi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah dengan PTDI - STTD Tahun 2020 di Jakarta. (05/03/2020) (Dishub Kobar)

MMC Kobar - Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat Majerum Purni, didampingi kepala bidang Pengembangan dan  Keselamatan Eddy Kusnandar menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) pola pembibitan Politeknik Transportasi Darat Indonesia - Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI- STTD) di Jakarta (5/3/20).

Rakor pola pembibitan PTDI - STTD dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Sugihardjo mewakili Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

(Baca Juga : Kunjungi SDN 1 Raja, Dishub Kobar Berikan Edukasi Keselamatan Lalin)

“Program Pola Pembibitan Daerah merupakan program pencarian bibit unggul dari lulusan SMA atau yang sederajat untuk bergabung menjadi calon perwira transportasi dengan mengikuti pendidikan di perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP Kementerian Perhubungan RI dimana setelah lulus nantinya akan diangkat menjadi ASN di daerah ,” ujar Sugihardjo.

“Rakor ini diselenggarakan sebagai wahana konsolidasi antara PTDI - STTD dengan Pemerintah Daerah sehingga dapat merumuskan langkah strategis untuk meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pola pembibitan yang lebih efektif", kata Majerum di sela-sela Rakor.

Lebih lanjut Majerum menjelaskan rapat tersebut sekaligus juga dalam rangka persiapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) pola pembibitan PTDI - STTD Tahun Akademik 2020/2021. "Untuk pengumuman penerimaan calon Taruna - Taruni PTDI - STTD direncanakan akan di buka pendaftarannya pada bulan April 2020”, terang Majerum.

Diinformasikan bahwa Pola Pembibitan Daerah, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat pada tanggal 5 Desember 2017  bekerja sama dengan PTDI - STTD sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) antara Bupati Kotawaringin Barat dengan Ketua Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) tentang pemenuhan Kebutuhan SDM bidang Transportasi Darat. Tahun Akademik 2018/2019 dan 2019/2020 ada sebanyak 6 putra – putri asal Kabupaten Kotawaringin Barat sedang dalam proses pendidikan di PTDI – STTD.

"Selesai pendidikan, selanjutnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara RI akan menerbitkan surat keputusan (SK) penempatan di Kabupaten Kotawaringin Barat yakni di Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat.” tambah Eddy (Dishub Kobar)