Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Untama Hadirkan Narasumber dari Kesbangpol Kobar

Kaban Kesbangpol Kobar Drs. Edie Faganti saat memberikan paparan secara virtual di Ruang Kerjanya, Rabu (9/2).

MMC Kobar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diundang menjadi narasumber dalam Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Antakusuma (Untama) Pangkalan Bun pada Rabu (9/2). Karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19 sehingga kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Panitia PKKMB diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Untama Tahun Akademik 2021/2022. Kegiatan ini digelar selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 7 s/d 9 Februari 2022.

(Baca Juga : Dinas TPHP Kobar Kembali Salurkan Bantuan Sarana Pasca Panen di Kelurahan Mendawai)

Kegiatan PKKMB dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus Untama Pangkalan Bun serta aturan-aturan yang berlaku di lingkungan universitas. Selain itu, kegiatan PKKMB ini juga merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Untama sebab kegiatan ini merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa.

Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti saat memaparkan materi dengan tema “Organisasi Kemahasiswaan dan Pembauran Kebangsaan sesuai dengan Pancasila” mengatakan, organisasi kemahasiswaan merupakan suatu bentuk kegiatan di perguruan tinggi yang diselenggarakan berdasarkan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa dengan memberikan peranan dan keleluasaan lebih besar kepada mahasiswa.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Idelogi Pancasila dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi Pasal 3 Ayat (1) perguruan tinggi dapat membentuk organisasi kemahasiswaan yang secara khusus memiliki fungsi sebagai wadah pembinaan ideologi Pancasila. Sehingga harapannya di Untama nanti bisa terbentuk Organisasi Kemahasiswan dan Forum Pembauran yang khusus menangani Ideologi sehingga bisa menjadi mitra kerja kami di Kesbangpol”, kata Edie.

“Ucapan terima kasih kepada panitia yang telah melibatkan Kesbangpol Kobar dalam kegiatan kemahasiswaan, karena memang sebagian besar program kegiatan yang ada di Kesbangpol bersifat penta-helix atau multipihak, dimana melibatkan unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu saling berkoordinasi,” ujar Edie usai menyampaikan materi.

Dalam kegiatan tersebut selain dari Kesbangpol Kobar, narasumber juga berasal dari Polres Kobar, Kodim 1014/Pbn, Gugus Tugas Covid-19 Kobar, Rektor Untama, KPP Pratama Pangkalan Bun dan BNN Kobar. (humas kesbangpol)