Pemkab Kobar Terima Penghargaan APE 2020 dari Menteri PPPA RI

Bupati Kobar Hj Nurhidayah. (prokom kobar)

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Acara pemberian penghargaan dilaksanakan pada Rabu (13/10) secara virtual dan diikuti oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah. Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

(Baca Juga : Dinas PMPTSP Kobar Lakukan Pendataan Potensi Investasi Daerah di Kecamatan Pangkalan Lada dan Pangkalan Banteng)

Bupati Hj Nurhidayah memberikan apresiasi kepada Kementerian PPPA RI yang telah menginisiasi diselenggarakannya Anugrah Parahita Ekapraya (APE). Hj Nurhidayah mengatakan APE ini sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

Ia menyampaikan, Pemkab Kobar terus berkomitmen untuk melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai Amanat Presiden Nomor 9 Tahun 2000 yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. Bupati Hj Nurhidayah berharap penghargaan ini akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memang benar memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

“Kita bersyukur Kotawaringin Barat menerima pengharagaan APE Award ini. Ini menjadi penghargaan atas komitmen kita bersama di dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender,” kata Hj Nurhidayah.

“Semoga dengan komitmen bersama ini, makin memberikan ruang khususnya bagi kaum perempuan untuk bisa berkarya lebih lagi, kita sadari bahwa perempuan memiliki banyak potensi, kesempatan dan ruang yang lebih lebar harus diberikan,” imbuhnya. (prokom kobar)