Pemkab Kobar Serahkan Hewan Kurban sebagai Bentuk Kepedulian kepada Masyarakat

Asisten Administris Umum Setda, Syahruddin, menyampaikan sambutan pada kegiatan penyerahan hewan qurban di Kantor Dinas Perikanan pada Minggu (16/6).

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan panitia pelaksana penerimaan dan penyaluran hewan kurban menggelar kegiatan penyerahan hewan kurban secara simbolis kepada para pengurus masjid/musholla dan pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Kotawaringin Barat. Kegiatan digelar di halaman belakang kantor Dinas Perikanan pada Minggu (16/6).

Ketua Umum PHBI Kobar Rustam Effendi mengatakan, tujuan dari pembentukan panitia pengadaan, pemeriksaan, dan pendistribusian hewan kurban PHBI ini adalah untuk melaksanaan pengadaan sapi kurban PHBI, maupun menerima hewan kurban baik dari perusahaan dan para donatur serta penyalurannya kepada yang berhak menerimanya melalui masjid/musholla dan ponpes yang ada di 6 kecamatan se-Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : Damkar Kobar Edukasi Anak-Anak TK Tunas Rimba tentang Bahaya Kebakaran)

“Adapun jumlah hewan kurban yang tersedia pada tahun ini adalah sebanyak 128  ekor,” kata Rustam Effendi.

Sebanyak 128 ekor sapi yang akan diserahkan kepada ara pengurus masjid/musholla dan pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Kotawaringin Barat

Lebih lanjut Rustam menjelaskan seluruh hewan kurban ini akan disalurkan kepada masjid/musholla dan ponpes yang telah mengajukan bermohon kepada PHBI atau pemerintah daerah.

“Untuk tahun ini, satu desa/kelurahan memperoleh minimal satu ekor sapi kurban, atau sapi kurban disebar ke 94 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Administrasi Umum Setda, Syahruddin, menyampaikan sambutan Pj Bupati Kobar mengatakan, penyerahan hewan kurban ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat.

“Sumbangan sapi kurban hari ini akan kita distribusikan kepada masjid/mushola/pondok pesantren yang ada di wilayah kabupaten kotawaringin barat,” kata Syahruddin.

“Semoga di momentum hari raya ini, kita semua dapat meneladani keluarga Nabi Ibrahim AS dan menjaga ketauhidan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” harapnya.

Di akhir acara dilakukan penyerahan hewan kurban berupa sapi secara simbolis kepada Masjid Baitul Hidayah Kelurahan Sidorejo yang merupakan 2 kali Juara I Lomba mesjid bersih dan sehat tingkat Kabupaten dan diberikan kepada Mesjid Nurul Ilahi Batu Belaman. (Dsy/Diskominfo Kobar)