Pemkab Kobar Gelar Pencanangan Gerakan Pembagian Sepuluh Juta Bendera Merah Putih

Plh Sekda Kobar Juni Gultom menyerahkan secara simbolis Bendera Merah Putih kepada Wakil ketua I DPRD Kobar, Mulyadin padat Kegiatan Pencanangan Gerakan Pembagian Sepuluh Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Kotawaringin Barat yang dilaksanakan di Taman Kota Pangkalan Bun, Minggu (13/08/2023).

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar kegiatan Pencanangan Gerakan Pembagian Sepuluh Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Kotawaringin Barat yang dilaksanakan di Taman Kota Pangkalan Bun, Minggu (13/08).

Dalam sambutan Pj Bupati Kobar yang dibacakan Plh Sekda Kobar Juni Gultom menjelaskan kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 serta berdasarkan petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 400.10.1.1/1965/SJ tanggal 07 April 2023 tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023.

(Baca Juga : Lomba Desain Logo Peringatan Hari Jadi ke-63 Kabupaten Kobar Resmi Dimulai)

“Bendera Merah Putih bukan hanya sebagai simbol jati diri bangsa dan identitas negara, namun bendera Merah Putih dapat menjadi kekuatan yang sanggup menghimpun serpihan sejarah nusantara yang beragam sebagai bangsa besar dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Plh Sekda.

Lebih lanjut Plh Sekda menyampaikan, gerakan pembangian bendera Merah Putih yang dilaksanakan hari ini adalah sebuah gerakan secara nasional dan bukan proyek. Sehingga dalam pelaksanaannya melibatkan partisipasi dan swadaya masyarakat baik secara pribadi maupun kelompok, baik dari unsur pemerintahan maupun  dari pihak swasta serta Seluruh komponen masyarakat harus terlibat dalam gerakan pembagian bendera merah putih ini.

“Pelaksanaan Gerakan Pembangian Bendera Merah Putih dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kembali rasa cinta tanah air yang tidak boleh luntur di setiap sanubari seluruh warga negara Indonesia,” ujar Juni Gultom.

Tampak para peserta saat mengibarkan Bendera Merah Putih secara simbolis di depan Tamu Undangan saat Kegiatan Pencanangan Gerakan Pembagian Sepuluh Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Kotawaringin Barat yang dilaksanakan di Taman Kota Pangkalan Bun, Minggu (13/08).

Di akhir sambutannya, Juni Gultom mengharapkan sebagai penerus perjuangan sudah sepatutnya kita mengisi kemerdekaan ini untuk mencapai cita-cita sebagaimana para pendahulu kita yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi tegaknya kedaulatan negara dan berkibarnya sang merah putih diseluruh wilayah negara kestaun republik indonesia.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kobar Edie Faganti dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Festival Merah Putih yang dilaksanakan hari ini adalah bagian dari dukungan terhadap kegiatan Pencanangan Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih se-Indonesia dilaksanakan di Kabupaten Bulu Kumba Provinsi Sulawesi Selatan.

“Sesuai dengan arahan Dirjen Politik dan Pemerintah Umum, bahwa setiap kegiatan yang berkaitan dengan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih agar didokumentasikan serta dipublikasikan melalui media setempat, baik media cetak, elektronik maupun media online, serta dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri terkait jumlah bendera yang telah dapat dihimpun dan dibagikan kepada masyarakat,” ungkap Edie.

Edie menambahkan, Badan Kesbangpol sebagai leading sektornya telah melaksanakan pengumpulan bendera sejak tanggal 5 Juli 2023 sebanyak 7.624 dari sumbangan berbagai elemen masyarakat dan Pemerintah serta telah dibagikan kepada masyarakat maupun yang sudah terpasang di jalan-jalan utama Pangkalan Bun.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil ketua I DPRD Mulyadin, Wakil Ketua II, H. Bambang Suherman, Dandim 1014/Pbn, Letkol Arm Yoga Permana, S.Sos, Danlanud Iskandar, Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho, Kepala Badan Narkotika Nasional Kobar AKBP Miga Nugroho, Kabag Ops. Polres Kobar AKP Rendra Aditia Dhani, Kasi Intel Kejari Kobar Pandu Nugrahanto, Ketua KPU Kobar Chaidir, Kepala OPD Kobar, camat, lurah dan kades se-Kobar dan tamu undangan lainnya. (humas kesbangpol)

Tampak Kepala Badan Kesbangpol, Edie Faganti dan Camat Arut Selatan, Indra Wardana saat membagikan Bendera Merah Putih ke pengguna jalan raya saat Kegiatan Pencanangan Gerakan Pembagian Sepuluh Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Kotawaringin Barat yang dilaksanakan di Taman Kota Pangkalan Bun, Minggu (13/08).