Pemkab Kobar Gelar Lomba Foto “Explore Kobar” Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Lomba Foto "Explore Kobar" dengan total hadiah puluhan juta rupiah yang digelar Diskominfo Kabupaten Kobar telah dimulai pada hari ini, Selasa (30/7). (humas diskominfo kobar)

MMC Kobar – Usai melaksanakan Workshop Fotografi dan Jurnalistik di Quizas Café Pangkalan Bun (23-24 Juli), Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) menggelar Lomba Foto dengan tema “Explore Kobar”.

Lomba Foto yang akan dilaunching pada hari ini, Selasa (30/7) ini juga melibatkan para narasumber workshop fotografi dan jurnalistik sebagai juri. Salah satu narasumber dan juga juri lomba foto, Riza Marlon (Wildlife Fotografer ) sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan lomba foto ini oleh Pemkab Kobar.

(Baca Juga : Hari Pertama Puasa, Damkar Kobar Kembali Ingatkan Agar Waspadai Bahaya Kebakaran di Bulan Ramadhan)

“Sangat mengapresiasi digelarnya Lomba Foto Explore Kobar ini. Karena melalui kegiatan ini fotografer dalam daerah dapat menggali potensi yang ada di Kobar, bukan fotografer luar,” ujar Bang “Caca” panggilan akrab Riza Marlon disela-sela acara workshop.

Tujuan digelarnya Lomba Foto Explore Kobar ini selain untuk membangun citra positif Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai Kota yang nyaman dan sejahtera melalui karya artistik fotografi, juga untuk memvisualisasikan keindahan seluruh potensi yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai salah satu cara mempromosikan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kobar, Rody Iskandar, S.Sos.,M.Si mengatakan melalui Lomba Foto Explore Kobar ini Pemkab Kobar mengajak masyarakat yang menyukai fotografi untuk ikut serta menggali dan mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Kobar.

“Potensi Kobar tidak hanya sebatas tempat wisata seperti Pantai Kubu, Teluk Bogam dan TNTP, tapi juga seperti kerajinan tangan, seni budaya, kuliner juga termasuk potensi Kobar,” ujar Rody menjelaskan.

“Foto-foto terbaik yang nanti akan terpilih akan kami muat dalam buku yang berisi foto-foto Potensi Kobar dan akan kami cetak kemudian disebarkan dan ditaruh ditempat-tempat publik seperti bandara, hotel, restoran dan sarana umum lainnya,” ujar Rody menambahkan.

Diharapkan melalui Lomba Foto yang digelar Diskominfo Kabupaten Kobar ini akan mengenalkan potensi baik seni, budaya, pariwisata, kuliner, transportasi maupun potensi lainnya yang ada di Kabupaten Kobar kepada masyarakat luas sehingga terbentuk citra positif daerah sesuai dengan Visi Misi Bupati Kotawaringin Barat.

Lomba Foto “Explore Kobar” ini akan mulai digelar pada hari ini (selasa, 30 Juli 2019) dan berakhir pada 25 september 2019. Pendaftaran dan syarat ketentuan peserta lomba yakni :

Ketentuan Lomba :

  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berumur 17 tahun ke atas;
  2. Pendaftaran Gratis atau Tidak Dipungut Biaya, dengan maksimal 5 (lima) karya foto per peserta;
  3. Lokasi pengambilan foto harus di dalam wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat;
  4. Pengambilan Foto dilakukan pada tahun 2019;
  5. Karya foto yang dikirim sesuai tema, yaitu : “Explore Kobar”, meliputi :
  • Destinasi wisata
  • Seni Budaya
  • Kuliner
  • Transportasi
  • Street Photography
  • Potrait
  • Flora / Fauna
  • Kerajinan Tangan
  • Human Interest
  • Daily Life
  • Arsitektur & Cagar Budaya
  • Landscape
  1. Foto diambil menggunakan Kamera DSLR atau mirrorless. Tidak diperkenankan penggunaan kamera HP, kamera Go Pro atau sejenisnya dan kamera drone atau kamera pesawat tak berawak;
  2. Spesifikasi teknis:
  • File: Digital (bukan cetak foto)
  • Format: JPEG
  • Sisi terpanjang foto 1200 pixel
  • Foto bersih dari pencantuman nama, symbol, watermark, dll
  1. Karya foto bukan hasil manipulasi digital dan atau rekayasa. Penyuntingan minor; yang diperbolehkan terbatas pada, cropping dan brightness/contrast/level/curve hanya untuk penyesuaian pencahayaan;
  2. Karya tidak mengandung unsur SARA, pornografi, serta tidak menyinggung pihak lain;
  3. Panitia berhak mendiskualifikasi secara sepihak para peserta yang dianggap melanggar syarat, spesifikasi, ketentuan dan peraturan lomba;
  4. Karya foto merupakan karya sendiri, dan belum pernah meraih penghargaan apapun. Segala bentuk klaim kepemilikan dari pihak lain sepenuhnya merupakan tanggung jawab peserta, termasuk dan tidak terbatas pada ‘model release’ atau ‘property release’, apabila dalam karya foto peserta terdapat subjek manusia atau properti milik pihak lain;
  5. Peserta yang karya fotonya masuk nominasi (100 karya foto) akan dihubungi panitia untuk menyerahkan file ‘high resolution’ untuk keperluan penjurian lebih lanjut;
  6. Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kotawaringin Barat berhak menggunakan foto- foto nominator sebagai bagian dari publikasi non-komersil, keperluan internal Dinas, meliputi namun tidak terbatas pada penerbitan buku, kalender, brosur, poster, e-flier, informasi pelayanan publik dan publikasi pada media sosial Diskominfo Kobar dengan tetap mencantumkan nama pemilik hak cipta foto (contoh Foto: ©Basuki C. Purnama);
  7. Keputusan dewan juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tidak melayani korespondensi atau surat menyurat;
  8. Dengan mengirimkan karya foto untuk mengikuti lomba ini, berarti peserta dianggap memahami dan mematuhi seluruh ketentuan dan peraturan yang dibuat oleh panitia

Pendaftaran :

  1. Pendaftaran dan pengiriman karya foto melalui online;
  2. Peserta mengisi formulir pendaftaran yang terdapat pada : http://bit.ly/formlombafotodiskominfo19
  3. Peserta mengirimkan karya foto beserta scan KTP/Scan
  4. Teknis penamaan file foto adalah:
    Judul Foto-Lokasi Pengambilan Foto-Nama Lengkap Peserta-Nomor Telepon/HP Contoh:
    *Kuliner mendawai-kelurahan mendawai-Handri_0855-5555-5555*
  5. Setiap peserta wajib mencantumkan judul, lokasi dan penjelasan singkat mengenai foto.
  6. Pendaftaran dan pengumpulan soft file dimulai tanggal 30 Juli 2019 – 25 September 2019 pukul 23:59 WIB

Diskominfo Kobar juga menyiapkan puluhan juta rupiah bagi pemenang Lomba Foto “Explore Kobar” ini. Juara I, II dan III masing-masing akan mendapat 10 juta, 8,5 juta dan 6,5 juta rupiah, serta 3 juara untuk foto pilihan masing-masing 1 juta rupiah.

Ayo, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri anda sekarang juga.. 

(humas diskominfo kobar)