Pemkab Kobar Gelar Acara Adat Sebagai Rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-65

 

MMC Kobar – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar acara adat pada hari Jumat (4/10) di Balai Sembaga Mas, Kelurahan Raja. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-65 kabupaten Kobar yang dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Dr. Drs. H. Budi Santosa, M.Si, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para kepala perangkat daerah, perwakilan Kesultanan Kutaringin, serta para tokoh adat setempat.

(Baca Juga : Dishub Kobar, BPTD Kalteng, dan Satlantas Polres Kobar Gelar Penertiban ODOL Angkutan Barang)

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Budi Santosa menekankan bahwa acara adat ini bukan hanya sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, tetapi juga sebagai ungkapan terima kasih kepada para pendahulu yang telah berjasa dalam pendirian kabupaten Kobar. "Berdirinya kabupaten Kotawaringin Barat tentu tidak lepas dari sejarah panjang perkembangan kerajaan Kutaringin, yang merupakan cikal bakal pemerintahan pada saat itu, hingga terbentuknya pemerintahan kabupaten Kotawaringin Barat," ujar Budi Santosa.

Dalam kesempatan ini, Budi Santosa juga menyatakan rasa syukur atas kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki kabupaten Kobar. "Kita harus bersama-sama menjaga berbagai potensi yang ada, temasuk menjaga dan mempertahankan kearifan budaya lokal," tegasnya.

Acara adat ini menambah semarak rangkaian peringatan hari jadi ke-65 Kabupaten Kobar yang diisi dengan berbagai kegiatan, yang salah satunya bertujuan untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya yang ada di daerah ini. (prokom_rib)