Paduan Suara, Marching Band dan Paskibraka Siap Meriahkan Pembukaan MTQH Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2024

Paduan Suara dari Madrasah Aliyah Kobar menerima arahan terkait pelaksanan pembukaan MTQH Tk Kabupaten Kotawaringin Barat di Stadion Sampuraga, Senin (19/8) malam.

MMC Kobar - Malam ini, Selasa (20/8), Stadion Sampuraga akan menjadi venue utama dimulainya Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang ke-54. Acara tahunan yang penuh dengan nuansa religius ini menjadi ajang persiapan bagi calon kafilah Kotawaringin Barat untuk menghadapi MTQH tingkat provinsi dan nasional.

Berbagai persiapan telah dilakukan panitia MTQH selama 2 hari dengan melaksanakan gladi kotor dan gladi bersih pada tanggal 18-19 Agustus 2024, Senin (19/8) malam. Para Paduan Suara, Marching Band dan Anggota Paskibraka telah siap untuk mendukung dan memeriahkan jalannya pembukaan juga penutupan MTQH nantinya.

(Baca Juga : Tim Covid-19 RSSI Lakukan Penyemprotan Disinfektan)

Puncak acara pembukaan MTQH malam ini akan diwarnai dengan penaikan bendera LPTQ oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kotawaringin Barat. Mulyadi, Pembina Paskibraka, menjelaskan bahwa para anggota Paskibraka tersebut telah berlatih intensif selama dua hari sebagai persiapan untuk tugas ini.

“Mereka adalah petugas yang juga bertugas pada MTQH tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023,” kata Mulyadi.

Marching Band Marunting Batu Aji (Maruba) melakukan gladi bersih persiapan untuk pembukaan MTQH tanggal 20 agustus 2024

Lebih lanjut, Mulyadi menyampaikan bahwa persiapan anggota Paskibraka telah mencapai 90 persen. “Kami yakin mereka siap melaksanakan tugas penaikan dan penurunan bendera LPTQ pada MTQH malam ini,” ujarnya penuh keyakinan. Kesiapan ini menunjukkan dedikasi dan komitmen yang tinggi dari seluruh pihak yang terlibat dalam acara tersebut.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kotawaringin Barat, Rody Iskandar, menekankan pentingnya acara ini sebagai momentum syiar Islam di Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Selain sebagai kegiatan tahunan untuk mempersiapkan calon kafilah, MTQH kali ini juga merupakan sarana untuk memperkuat sinergi antara masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024,” ujar Rody. Ia juga mengungkapkan harapannya agar Kotawaringin Barat tetap aman, damai, dan selalu berada dalam limpahan rahmat dari Allah SWT.

Lebih lanjut Rody mengatakan bahwa MTQH tahun ini mengusung tema yang menekankan pentingnya sinergi antara masyarakat dan pemerintah dalam pembangunan, terutama menjelang Pilkada Serentak 2024. Tema ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh peserta dan penonton untuk terus memperkuat ikatan sosial dan keagamaan di tengah masyarakat.

Acara ini diperkirakan akan dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, ulama, serta perwakilan dari berbagai instansi pemerintahan di Kotawaringin Barat. Kehadiran mereka diharapkan dapat memberikan dukungan moral bagi para peserta dan menambah semarak suasana pembukaan MTQH malam ini.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, MTQH ke-54 ini diharapkan dapat berlangsung dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi perkembangan keagamaan serta sosial masyarakat di Kotawaringin Barat. Semoga MTQH tahun ini menjadi momentum yang berharga dalam perjalanan spiritual dan kebersamaan umat Islam di daerah ini. (Dsy/Diskominfo Kobar)