Malam Puncak Grand Final Pemilihan Aba dan Ambo Kobar Tahun 2023

MMC Kobar - Dalam rangka meningkatkan promosi pariwisata, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pariwisata menggelar ajang Pemilihan Aba dan Ambo Kotawaringin Barat 2023 sebagai Duta Pariwisata yang dipilih dari generasi muda.

Dalam Pemilihan Aba dan Ambo 2023 ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui yaitu pendaftaran, seleksi berkas, interview, technical meeting, pra karantina, karantina, unjuk bakat dan grand final.

(Baca Juga : 2 Desa Di Kobar Jadi Percontohan Desa Bebas Pornografi Anak)

Pendaftaran telah dibuka pada tanggal 10 Juli-28 Agustus dan terjaring 75 peserta, terdiri dari 25 finalis aba dan 50 finalis ambo dari SLTA se-Kabupaten Kobar dan perguruan tinggi.

Pemilihan Aba dan Ambo Kobar 2023 mengusung tema “Semarak Budaya Banua, Bersinergi dalam Berkarya, Berdedikasi untuk Pariwisata“. Diharapkan dengan adanya aba dan ambo yang merupakan generasi muda dapat membantu pemerintah dalam menghidupkan dan mempromosikan pariwisata di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Malam Puncak Grand Final Pemilihan Aba dan Ambo dilaksanakan pada Sabtu (30/9) malam di Aula Antakusuma Pangkalan Bun Park, yang sebelumnya telah dilakukan Unjuk Bakat pada Jumat (29/9) malam.

Pj Bupati Kotawaringin Barat, H. Budi Santosa berkenan hadir pada saat Malam Grand Final Pemilihan Aba Ambo dan dalam sambutannya mengatakan, Aba dan Ambo terpilih tidak hanya tampan dan cantik, tetapi  juga merupakan talenta yang memiliki simpati dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Kobar.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kobar Edie Faganti mengatakan, melalui pembelajaran yang diperoleh selama berlangsungnya tahapan pada pemilihan aba dan ambo ini, seluruh finalis dapat menerapkan ilmunya sebagai duta wisata yang akan menjalankan tugasnya untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Kobar.

“Dengan banyaknya calon finalis aba dan ambo ini menandakan penggiat kepariwisataan kedepannya akan semakin banyak,” ujar Edie.

Pada malam Grand Final Pemilihan Aba dan Ambo Kobar 2023 telah dinobatkan Harlan A Ganur sebagai Aba Kobar 2023 dan Natszwa Widyaiswara sebagai Ambo Kobar 2023, Wakil 1 Aba Nicho Arie Setiawan dan Ambo Anisa Hardita, serta Wakil 2 Aba Muhammad Fath Nor dan Ambo Dwi Amnakhoirul Umma. (dispar kobar)

Salam Pesona Indonesia, #diKotawaringinBaratsaja