KUD Tani Subur Raih Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional 2019

Perwakilan dari Koperasi Persekutuan Dayak (KPD) dari Palangka Raya dan KUD Tani Subur dari Kabupaten Kobar usai menerima penghargaan Koperasi Berprestasi Tahun 2019. (disperindagkop ukm kobar)

MMC Kobar – Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Subur di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Jum’at (12/7) lalu berhasil meraih penghargaan tingkat Nasional pada Peringatan ke-72 hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di Purwakarta, Jawa Tengah.

Penghargaan yang diraih KUD Tani Subur adalah kategori Koperasi Produsen Berprestasi. Penghargaan tersebut diserahkan langusng oleh Menteri Koperasi Dan UKM Republik Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada Sekretaris KUD Tani Subur, Mustofa.

(Baca Juga : Ombudsman RI Perwakilan Kalteng Lakukan Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di DPMPTSP Kobar)

Acara peringatan Puncak Harkopnas ke-72 Tahun 2019 yang kali ini mengambil tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0” digelar di GOR Satria Purwokerto dan diikuti oleh gerakan koperasi seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Kobar.

Selain Kabupaten Kobar, Pemkot Palangka Raya juga meraih penghargaan yang sama dengan kategori Koperasi Konsumen Berprestasi yang diraih oleh Koperasi Persekutuan Dayak (KPD). Sehingga secara keseluruhan Provinsi Kalimantan Tengah meraih total 2 penghargaan yakni Koperasi Persekutuan Dayak dan KUD Tani Subur.

Keberhasilan KUD Tani Subur yang berasal dari Desa Pangkalan Tiga Kecamatan Pangkalan Lada ini sebelumnya sudah melalui rangkaian seleksi koperasi berprestasi dari Tingkat Kabupaten sampai Tingkat Provinsi.

Menteri Koorindator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dalam sambutannya menyampaikan bahwa penghargaan Koperasi Berprestasi bertujuan mengapresiasi kinerja yang dicapai koperasi.

“Memberikan motivasi kepada koperasi untuk menjadi lebih baik dan sekaligus meningkatkan citra baik perkoperasian di mata masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Kelembagaan Dan Pengawasan Koperasi, Ir. Restuningsih yang berkesempatan hadir mewakili Kepala Dinas Perindagkop UKM menyampaikan apresiasi kepada KUD Tani Subur.

“Kita patut bersyukur dan memberikan apresiasi kepada KUD Tani Subur, yang pada kesempatan ini membawa nama baik Kabupaten Kotawaringin Barat sehingga dengan harapan memotivasi koperasi-koperasi lain untuk lebih aktif dan berprestasi,” ujar, Restuningsih (disperindagkop ukm)