KPU Kobar Kukuhkan dan Beri Pembekalan Kepada 55 Relasi Kobar

Foto Bersama: Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilu 2019 se-Kobar bersama Komisioner KPU Kobar. (Ervan Setianto)

MMC KOBAR, KPU KOBAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kamis (24/1/2019) melakukan pengukuhan dan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) relawan demokrasi (Relasi) di Aula Hotel Patta Rajasa, Pangkalan Bun.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 55 relawan demokrasi yang sebelumnya telah mengikuti tahapan seleksi dan dinyatakan lolos.

(Baca Juga : Cak Boni: Potensi Wilayah Lokal di Kobar Menakjubkan )

Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan, Relasi Kabupaten Kobar dibentuk guna membantu KPU mendorong dan mensosialiasikan kepada masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tahun ini.

“Jadi Relasi harus dapat menjadi bagian masyarakat dan mampu menjangkau sudut-sudut terjauh dari simpul masyarakat dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilu. Dengan begitu, mudah-mudahan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 bisa meningkat sesuai target kita minimal 70%,” kata Chaidir.

Chaidir juga menekankan kepada Relasi untuk menjaga integritas dan netralitas selama menjalankan tugasnya sebagai mitra KPU. Relasi tidak diperbolehkan terlibat dalam politik praktis, seperti menjadi tim sukses peserta pemilu.

“Relasi itu merupakan bagian dari penyelenggara, untuk itu harus dapat menjaga integritas dan netralitas,” ucapnya.

Selain dilakukan pengukuhan, 55 Relasi Kabupaten Kobar tersebut juga diberikan beberapa materi pembekalan. Adapun materi yang diberikan antara lain pemahaman teknis tahapan pemilu yang disampaikan oleh anggota KPU Kobar Divisi Perencanaan dan Data Pudji Suhariyanti, kemudian dilanjutkan dengan materi teknik-teknik berkomunikasi publik oleh Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kobar Febri Sri Hartini. Materi kode etik relawan disampaikan oleh anggota KPU Kobar Divisi Hukum Rio Rudianto, dilanjutkan materi teknis kepemiluan oleh anggota KPU Kobar Divisi Teknis Musliansyah, dan penyusunan jadwal kegiatan oleh anggota KPU Kobar Divisi Sosialisasi dan SDM Mahdi Rahman sebagai materi penutup.

Pada acara pengukuhan dan bimtek ini dihadiri pula oleh Ketua Bawaslu Kobar, perwakilan Disdukcapil Kobar, Polres Kobar, dan perwakilan PPK. (Ervan Setianto/Humas Diskominfo Kobar)