Kobar Job Fair 2024, Salah Satu Upaya Pemkab Kobar Kurangi Pengangguran

MMC Kobar – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kotawringin Barat (Kobar) menggelar kegiatan Job Fair di Taman Kota Manis Pangkalan Bun. Kegiatan bertajuk “Kobar Job Fair 2024” yang diinisiasi  oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) ini resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kobar Rody Iskandar pada Sabtu (8/6) sore. Melibatkan beberapa perusahaan yang beroperasi di Kobar, Job Fair kali ini menyediakan sebanyak 824 lowongan pekerjaan.

Membacakan sambutan tertulis dari Penjabat (Pj) Bupati, Sekda Rody Iskandar mengungkapkan harapannya agar Kobar Job Fair 2024 dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi permasalahan pengangguran. 

(Baca Juga : Presiden: Sambut Tahun 2019 dengan Optimistisme!)

"Kegiatan Job Fair memiliki nilai strategis karena dapat memberikan ruang komunikasi dua arah secara langsung antara pencari kerja dengan dunia usaha dan industri," ujar Rody.

Rody menjelaskan bahwa Kobar Job Fair 2024 berperan penting dalam memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja. "Semoga kegiatan ini dapat mempercepat pertemuan kedua belah pihak secara langsung, sehingga mempercepat proses penempatan," tambahnya.

Lebih lanjut, Rody menjelaskan bahwa perusahaan pengguna tenaga kerja dapat menyediakan dan menginformasikan lowongan pekerjaan serta melakukan seleksi awal untuk mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sementara itu, para pencari kerja dapat mengetahui informasi lowongan kerja yang up to date dan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan mereka. 

Acara ini mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat dan diharapkan menjadi agenda rutin yang mampu memberikan manfaat nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kesempatan kerja. (prokom_rib)